American Corner UMY Menyelenggarakan Lomba Spelling Bee Pertama di DI Yogyakarta

Atiya Nahda Fadilla, Pemenang American Spaces Indonesia Spelling Bee 2015
American Corner (Amcor) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah selesai menyelenggarakan American Spaces Indonesia Spelling Bee 2015 pada Rabu (2/9) di depan Amcor dan Warung Perancis lantai 2 gedung D Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. American Spaces Indonesia Spelling Bee 2015 merupakan lomba Spelling Bee pertama yang pernah diadakan di DI Yogyakarta. Lomba Spelling Bee regional Yogyakarta ini diselenggarakan oleh Amcor UMY, dan setiap perguruan tinggi yang memiliki Amcor melaksanakannya sesuai wilayahnya.

“It is not about being a winner, but it is about participation,” ujar Putut Ardianto, Direktur Amcor UMY dalam sambutannya ketika membuka American Spaces Indonesia Spelling Bee 2015. Putut menekankan bahwa Amcor UMY mengapresiasi semua partisipasi dari peserta lomba walaupun tidak meraih juara.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia juga memberikan sambutan kepada peserta American Spaces Indonesia Spelling Bee 2015 melalui video. “A-N-T-I-C-I-P-A-T-I-O-N, that is what you must have feel right now,” ujar Robert Blake videonya sambil mengeja kata ”Anticipation” yang berarti antisipasi. Robert Blake juga menerangkan bahwa ia akan bertemu dengan salah satu peserta yang menjadi juara American Spaces Indonesia Spelling Bee 2015, untuk bertanding dalam kompetisi Spelling Bee tingkat nasional di @america, Jakarta.

Atiya Nahda Fadilla, siswi kelas 11 dari SMA 4 Yogyakarta berhasil mengalahkan 49 peserta lainnya dan meraih juara pertama dari American Spaces Indonesia Spelling Bee 2015. Atiya nantinya akan mewakili Yogyakarta dalam kompetisi Spelling Bee tingkat nasional yang akan diselenggarakan 22 September 2015 di @america Jakarta. Sedangkan juara kedua diraih oleh Halida Damayanti, siswi kelas 11 dari SMA 3 Yogyakarta.


Spelling Bee merupakan kompetisi yang berasal dari Amerika Serikat, di mana peserta diminta untuk mengeja kata dalam bahasa Inggris, biasanya dengan kata-kata yang beragam tingkat kesulitannya. Mekanisme lomba Spelling Bee yakni sebagai berikut: MC memanggil nama peserta untuk ke depan dan peserta mengeja kata yang diucapkan oleh pelafal. Peserta dapat meminta pelafal untuk membacakan definisi kata atau memberikan contoh kalimat. Setelah peserta mengeja kata yang diberikan, para juri kemudian menentukan apakah ejaan peserta benar atau salah. Jika ejaannya benar peserta dipersilahkan kembali ke tempat duduknya, dan jika ejaannya salah para juri akan membunyikan bel dan peserta yang salah mengeja akan didiskualifikasi. Mekanisme lomba terus diulang hingga hanta tersisa satu peserta yang menjadi juara dalam lomba Spelling Bee. (Qil)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar