Lima Tim PKM UMY Maju ke PIMNAS 28



Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali berbangga dengan keberhasilan lima Tim PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-28 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (Dikti) setelah bersaing dengan 440 Tim dari berbagai universitas. Kelima tim PKM UMY akan siap bersaing kembali dengan delegasi lainnya pada tanggal 5-9 Oktober 2015 di Universitas Hali Oleo (UHO), Kendari. 


“Alhamdulilah pada tahun ini UMY kembali berhasil meloloskan lima tim PKM dalam ajang PIMNAS ke-28, untuk kategori PKM yang berhasil lolos yaitu, PKM-M terdapat 2 tim, PKM-GT 1 tim, dan PKM-K sebanyak 2 tim,” ujar Sugito, S.IP, M.Si selaku pembina PKM UMY, Senin (10/08). “Dengan meloloskan 5 tim pada PIMNAS tahun ini, UMY berhasil meraih rangking 1 PTS se-Yogyakarta untuk jumlah pendelegasian PIMNAS tahun ini,” tambahnya.  

Dari PKM-K (Kewirausahaan) adalah tim Hangga Agung Bramatyo dengan program kewirausahaan “ECOLY” ECOTRASH LAUNDRY, Laundry Ramah Lingkungan dengan Sistem Trash Saving Payment dan tim Jitya Ratu Raswati dengan “CANGKELUR” Cangkang Keong dan Cangkang Telur Sebagai Alternatif Pakan Tambahan Ternak Bernutrisi Tinggi dan Murah, yang berhasil lolos. Kemudian dari PKM-GT (Gagasan Tertulis) diwakili oleh tim Yugi Supanggah dengan Magnetical Power Plant: Sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Listrik dan Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar Fosil pada Pembangkit di Indonesia. Dari PKM-M (Pengabdian Masyarakat) adalah tim Catur Igo Prasetyo dengan program SIGURITA (SINEAS TUNAGRAHITA): Pemberdayaan dan Penguatan Kapasitas Tunagrahita Bina Siwi melalui Sinema Pendek Advokasi dan tim Hafidah Fatmasari dengan program GADIS QUR’AN (Sanggar Dismenore dengan Relaksasi Murrottal Qur’an) Dalam Rangka Meningkatkan Kesehatan Reproduksi Remaja Desa Tlogo. 

Berkaca pada keberhasilan UMY membawa pulang 2 medali emas, dan 1 medali perunggu dalam PIMNAS 27, berbagai persiapan dilakukan untuk mempertahankan prestasi tersebut diantaranya dengan pematangan penulisan artikel ilmiah, pelatihan presentasi, dan pembuatan poster yang akan dipersiapkan selama 1 bulan dalam Pimnas Camp. Selain itu dalam Pimnas Camp akan mengundang berbagai narasumber, sebagai bekal bagi masing-masing tim. (LR)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar