FKY 2015 dibuka di Taman Kuliner Condong Catur



Pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) yang diselenggarakan pada Rabu malam (19/8) di Taman Kuliner Condong Catur Yogyakarta berlangsung ramai dan meriah. Pembukaan disambut oleh ketua panitia, kepala Dinas Kebudayaan Yogyakarta serta dibuka oleh Gubernur DIY yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah.

Sebelumnya, pembukaan FKY ini diawali dengan pawai eDan-eDanan pada Rabu siang, pawai ini berupa pawai pertunjukan seni di jalan Kaliurang, yang diikuti oleh 30 kelompok seni yang berasal dari Yogyakarta dan sekitarnya. FKY ini akan berlangsung selama 18 hari, mulai tanggal 19 Agustus hingga 5 September mendatang. 

FKY tahun ini mengangkat tema “Dan-danan”, yang mengandung dua arti sebagai visi bagi FKY itu sendiri, yaitu bersolek dan berbenah. Bersolek identik dengan sikap yang menunjukan pada kualitas estetika, paras dan penyajian, sedangkan berbenah identik untuk menuju kearah perbaikan fisik maupun non-fisik. Sehingga dengan tema tersebut, FKY diharapkan dapat menyajikan sajian yang menarik, elok serta indah dengan tetap berbenah menuju ke arah yang lebih baik, untuk mengembangkan karakteristik seni budaya Yogyakarta. 

Banyaknya barang dan makanan yang dijajakan di festival ini juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Barang yang dijual pun merupakan barang-barang buatan tangan yang mengandung unsur kesenian, seperti gelang, boneka, gantungan kunci, tas dan masih banyak lainnya. Meski harga yang ditawarkan relatif mahal, namun seni yang terdapat didalamnya pun tidak kalah unik. “FKY sebagai kawasan seni dan kebudayaan Yogyakarta, memberikan kesempatan kepada seniman-seniman dan warga untuk berpartisipasi dalam mempresentasikan potensi Yogyakarta,” ungkap ketua FKY 2015. Selain itu, adanya pertunjukan-pertunjukan kesenian seperti drama, ludruk dan lain sebagainya, menambah keunikan yang terdapat di dalamnya, sehingga selain dapat membeli barang-barang unik, pengunjung pun dapat menyaksikan pertunjukan-pertunjukan seni yang mengundang riuh tawa pengunjung FKY 2015. “Salam Budaya!” tutur ketua panitia mengakhiri sambutannya. (Ifd)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Informasi yang anda berikan sangat menarik. Saya juga memiliki link kuliner yang mungkin bermanfaat. Silahkan kunjungi Explore Indonesia

    BalasHapus