Melody, Pakaian Multifungsi Ciptaan Mahasiswa UMY


Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membuat sebuah inovasi pakaian multifungsi untuk para dokter relawan yang memiliki sistem penghangat di dalamnya untuk menghangatkan penggunanya. Pakaian ini juga terintegrasi dengan tandu dan tempat obat-obatan yang akan menambah fitur dari pakaian ini. Mereka menamakan pakaian ini dengan nama Melody, yang merupakan singkatan dari Medical Cothes and Aid Emergency .

Ide awal dari pembuatan pakaian ini adalah ketika mereka (Tim PKM - red) mendaki salah satu gunung di Jawa Tengah dan menemukan seorang pendaki yang mengalami hipotermia. Seperti kita ketahui bahwa suhu di gunung sangatlah rendah, dan akan membuat suhu tubuh menurun hingga menyebabkan hipotermia, tak terkecuali bagi relawan yang akan menolong korban jika berada di daerah pegunungan. Hal inilah yang membuat mereka berinisiatif untuk membuat pakaian yang dapat melindungi para relawan.

"Tujuan kami membuat pakaian ini pada awalnya hanya untuk melindungi tubuh para dokter relawan. Namun kalau fungsinya hanya itu, belum terlalu membantu kerja para dokter. Maka dari itu, kami juga ingin memudahkan kerja dari dokter relawan saat berada di daerah bencana, sehingga kami pun menambahkan tandu dan tempat obat-obatan," jelas Aisyah, salah satu penggagas Melody yang merupakan ketua dalam pembuatan karya ini. Bersama ketiga orang temannya yaitu Dede Muhammad Muafiq yang merupakan mahasiswa Teknik Elektro, Wahyu Kurniawati mahasiswa Kedokteran Umum, dan M. Irham Fanani mahasiswa Kedokteran Umum serta dibimbing oleh dosen prodi Kedokteran Umum FKIK UMY. Karya ini akan dipresentasikan dalam acara Monitoring dan Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa PKM 2015 di UMY. Rancangan ini juga pernah dipublikasikan dalam acara Student Mobility Program, Pameran Poster Ilmiah EXSSELN di Universiti Malaysia Pahang pada tanggal 12 Mei 2015. (ALI)



Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. Untuk diketahui, PKM kami ini dibimbing oleh dosen kami tercinta, Dr. dr. Titiek Hidayati, M.Kes., beliau dengan semangatnya membimbing kami hingga sampai pada titik ini :)

    BalasHapus
  2. Kakak selaku relawan kemanusiaan di Bengkulu mendukung inovasi ini dek, Barakallah!

    BalasHapus