Kemenag BEM KM Berbagi dengan Takjil on the Road



Hari Minggu (21/6) sekitar pukul 16.30 WIB terlihat beberapa anak memakai almamater UMY sibuk untuk membagikan jajanan takjil untuk beberapa orang di sekitar kawasan 0 kilometer Yogyakarta. Ternyata mereka adalah mahasiswa dari Kemenag BEM KM UMY yang sedang menjalankan Takjil on the Road. Takjil on the Road ini diadakan dalam rangka program bulan suci Ramadhan yang dicetuskan oleh salah satu anggota Kemenag BEM KM UMY. Menteri Agama BEM KM UMY, Rizal, mengatakan bahwa alasan mengapa Takjil on the Road, karena yang namanya orang berada di jalan biasanya belum sempat mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa. Maka Kemenag dan beberapa sukarelawan menyediakan makanan ringan untuk berbuka puasa. “Kami menyediakan makanan ringan juga minuman yang Insya Allah mengenyangkan walaupun tidak mewah, tetapi Insya Allah itu bisa membatalkan puasa [sic] [recte berbuka puasa] mereka, karena takjil sendiri diambil dari kata ‘Ajala yang artinya menyegerakan,” kata Rizal lagi. 


Kemenag BEM KM UMY terinspirasi dari hadis Rasulullah yang mengatakan bahwa “Barangsiapa yang memberi makan (berbuka) kepada orang yang berpuasa, ia akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa itu dan orang yang berpuasa itu tidak berkurang sedikitpun pahalanya” (HR. Tirmidzi). Sasaran dari Takjil on the Road ini tak terbatas dari mahasiswa dan anak jalanan, tapi warga yang lalu lalang dan yang meminta kepada pihak Kemenag. “Kami menyediakan 125 makanan dan 125 minuman yang didapat dari infaq internal kami,” terang Rizal. Sementara ini, Takjil on the Road diadakan hanya sehari saja, namun tak menutup kemungkinan akan ada lagi event seperti di lain hari. “Harapan saya, dengan adanya event ini bisa menumbuhkan rasa sosial bagi anggota BEM khususnya, dan masyarakat Jogja khususnya yang melihat agenda ini. Barangkali dengan adanya agenda ini bisa saling termotivasi untuk saling berbagi antara satu dan lainnya, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi lainnya, salah satunya dengan melakukan Takjil on the Road ini,” tutup Rizal. (IPH)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar