Gunawan Budianto : Tidak Ada Penggusuran Kantin






Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan segera menata ulang kantin yang berada di zona selatan dan zona utara. Penataan ini dilakukan demi menjaga kehigienisan dan kebersihan lingkungan UMY. “Saya tekankan bahwa tidak ada yang namanya penggusuran kantin. Kami hanya menata ulang kantin tersebut supaya lebih bersih dan higienis,” jelas Wakil Rektor I UMY, Gunawan Budianto dalam audiensi yang difasilitasi oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (DPM KM) UMY pada Sabtu, (6/6) di ruang Sidang Rektorat AR. Fakhruddin A.

“Kami tidak ingin mahasiswa memakan makanan yang tidak bersih dan higienis. Beberapa waktu lalu, kami sudah melarang penggunaan styrofoam untuk membungkus makanan. Tapi, masih saja tidak diindahkan oleh pengelola kantin. Makanan panas kalau dimasukkan ke dalam sterofoam akan membahayakan karena akan timbul zat korosin,” tambah Gunawan. Ketika ditanya tentang penataan dalam bentuk seperti apa, Gunawan menjawab masih dalam tahap diskusi. “Kami akan membentuk tim penataan terlebih dahulu, nanti akan kami sosialisasikan lebih lanjut,” ungkap Gunawan.

Ketika Nuansa meminta konfirmasi kepada salah satu pengelola kantin di zona selatan, memang benar ia menyatakan bahwa kantin akan ditata ulang. “Iya, kantin selatan dan kantin utara akan ditata ulang. Kemarin ada undangan dari kampus disuruh kumpul. Awalnya kami kaget dikumpulkan mau ada apa. Eh, ternyata kabar penutupan ini,” kata Endang Ratna ketika ditemui pada Senin, (1/6).

Endang berharap kepada pihak kampus supaya penataan ini diundur sampai dengan mahasiswa baru mulai berkuliah. “Harapan kami supaya penataan kantin ini diundur sampai mahasiswa baru masuk kuliah. Selain itu kami juga berharap adanya relokasi tempat untuk kami berjualan lagi saat nanti kantin yang sekarang ditata ulang. Jika pun kami tidak direlokasi, kasihan sekali teman-teman disini karena hampir 90 % mereka menggantungkan hidupnya dari usaha kantin ini. Kami mencoba untuk mempertanyakan hati nurani Muhammadiyah kalau memang kami tidak direlokasi ke tempat lain,” tambah Endang. (SAW)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar