UKM Pramuka UMY Gelar Lomba Pidato dan Drama Klasik Nasional



Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Lomba Pidato dan Drama Musikal Nasional (LPDK). Acara yang diselenggarakan mulai dari tanggal 1 Mei sampai 3 Mei tersebut diikuti berbagai universitas dan SMA se-Indonesia. Ir. Agus Nugroho Setiawan, M.P, selaku ketua Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan semacam ini sangat positif untuk dilakukan, sebagai bentuk memberikan rasa semangat pemuda Indonesia dalam menyampaikan pendapat dan gagasan yang dituangkan dalam sebuah pidato. “Lomba pidato seperti ini sangat baik untuk keberlangsungan anak muda Indonesia, sebagai sarana penyampaian ide-ide dan gagasan yang secara nyata, tidak lagi hanya dengan mengadakan demo dan bakar-bakar ban,” pungkasnya.

Ditambahkan Agus, kegiatan ini juga dapat menjalin silaturahmi antar peserta yang berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia, untuk menambah relasi dan tali persaudaraan antar pemuda Indonesia. “Jadikanlah ajang ini sebagai wadah untuk mencari relasi dan menjalin silaturahmi antar pemuda Indonesia, meskipun nantinya ada yang akan menjadi pemenang dan ada yang kalah, itu semua hanya bonus dari terselenggaranya acara ini,” tambahnya.

Acara yang diikuti berbagai universitas dan SMA di Indonesia, seperti Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Islam Indonesia, Stikes Kharisma Karawang, dan SMAN 1 Maniangpajo Sulawesi Selatan ini mengangkat tema "Bersama Pramuka Wujudkan Jiwa Budaya dan Intelektual Pemuda Pramuka." Dawud Setianto, selaku ketua acara mengungkapkan, tujuan dilangsungkannya lomba pidato dan drama klasik ini ialah sebagai bentuk keprihatinan UKM Pramuka UMY dalam melihat kondisi dan situasi pemuda-pemudi Indonesia dalam berbudaya dan berintelektual yang masih kurang. Saat ini ketertarikan pemuda Indonesia lebih kepada kebudayaan barat, ketimbang mencintai kebudayaan Indonesia. “Diharapkan, dengan terselenggaranya kegiatan ini akan lebih menyadarkan dan memberikan gelora semangat mencintai kebudayaan bagi pemuda-pemudi Indonesia, sudah saatnya kita bergerak dalam menanggapi permasalahan budaya ini,” paparnya.

Ditambahkan Dawud, untuk perlombaan drama klasik baru akan diselenggarakan pada bulan Oktober, dan selain perlombaan pidato, pada kesempatan ini juga akan diadakan wisata kampus, dan wisata kota Yogyakarta, sebagai bentuk memperkenalkan UMY dan kota Yogyakarta kepada peserta.”Kami akan mengajak rekan-rekan peserta untuk berwisata kampus UMY, dan berwisata keliling kota Jogja, untuk memperkenalkan wisata-wisata yang ada di Jogja kepada peserta,” tambahnya. (adm)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar