Jurus Jitu Hadapi Bullying di Lingkunganmu



Bullying adalah suatu bentuk penindasan yang dilakukan dengan paksa ataupun melakukan intimidasi pada orang lain yang mengakibatkan orang yang di-bully merasakan adanya ancaman baik berupa tindakan fisik atau penindasan kata-kata. Bullying adalah masalah yang setidaknya perlu diperhatikan karena tidak ada alasan untuk seseorang harus mengganggu orang lain. 

Anda harus tahu bagaimana mengatasi bullying di sekitar anda. Cara menghadapi bullying berikut ini mudah-mudahan dapat membantu anda, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar bullying tidak terulang kembali.
  • Berbicaralah dengan orang lain
Ketika mengalami masalah ini, berbicaralah dengan orang lain dan beri tahukan pada orang terdekat anda. Berbicara adalah salah satu cara yang paling penting untuk menangani bullying. Apabila anda tidak berbuat sesuatu pada hal ini, hal ini akan terus membuntuti anda.
  • Pastikan anda didengar
Terkadang anda harus memberitahu lebih dari satu orang, ini adalah fakta yang disayangkan bahwa terkadang orang yang mengetahui hal ini tidak melakukan apapun. Mereka tidak berpikir serius, mereka tidak tahu bagaimana cara menanganinya, dan ada juga yang menganggap tindakan ini tidak penting. Memberitahu lebih dari satu orang terdekat anda, akan memastikan bahwa anda didengar dan mereka akan menanggapi dengan serius.
  • Hindari situasi tersebut
Tak perlu dikatakan bahwa salah satu cara yang paling efektif untuk menangani bullying adalah membawa diri keluar dari situasi ini. Anda dapat menemukan cara baru duduk di tempat lain di kantin misalnya.
  • Tunjukkan bahwa anda tidak takut
Menunjukkan bahwa anda tidak takut juga merupakan cara penting untuk menangani bullying. Mereka merasakan ketakutan dan mereka menggunakan kelemahan yang dirasakan untuk mengganggu orang lain.
  • Tidak membalas dengan hal yang sama
Membalas dengan hal yang sama bukanlah tindakan yang terpuji dan patut untuk dilakukan. Kebencian tidak harus ditanggapi dengan kebencian, karena permasalahan tidak akan ada habisnya, yang ada malah menciptakan siklus yang berkelanjutan. Sebaiknya anda tidak membalas dengan hal yang sama.
  • Jangan terlihat lemah
Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu yang melibatkan si pengganggu anda. Ia akan melihat bahwa anda rentan dan lemah, dan hal inilah yang memberi kekuatan bagi si pengganggu. Tidak usah terlibat dalam kekerasan atau terpancing emosi, dan jangan biarkan si pengganggu melihat anda menangis.
  • Cari dukungan
Jika tidak dapat diatasi sendiri, carilah bantuan dan dukungan. Adanya kelompok-kelompok pendukung mungkin bisa membantu dan memberikan dukungan moral. Hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa anda tidak sendirian, orang lain juga bisa mengalami hal yang sama. Anda akan lebh kuat bersama-sama daripada sendirian.

Berikut ini beberapa cara menghadapi kasus bullying. Apapun alasannya, bullying tetap saja tidak dibenarkan adanya. Apakah seseorang itu memiliki berat badan, kelebihan, maupun kelemahan dibandingkan orang lain, sekali lagi tetap saja tidak dibenarkan.(deer)

Sumber : www.indotopinfo.com
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar