"House of Care: Anti-bullying" Pertama di Yogyakarta Resmi Berdiri






House of Care : Anti-bullying (HoCAB) pertama di Yogyakarta resmi berdiri pada Kamis, (21/5) di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Acara peresmian ini dihadiri oleh orang tua/wali siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, kepala SMP seluruh Kota Yogyakarta, guru BK SMP seluruh kota Yogyakarta, dan juga guru/karyawan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta sendiri. Hadir juga perwakilan dari Majelis Tinggi Pendidikan Tinggi dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta, Sigit Haryo Yudanto dan dosen pembimbing program HoCAB sekaligus perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sugito. 

“Kami menyambut baik dengan adanya program ini. Semoga kedepannya program ini tidak hanya ada di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, tetapi juga ada di sekolah-sekolah di seluruh Yogyakarta,” ujar Sigit ketika memberi sambutannya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Nilawati Isdwiantari. Ia berharap dengan adanya HoCAB, angka bullying di sekolahnya menurun. “Semoga HoCAB ada keberlanjutannya sehingga bisa menekan angka bullying yang ada di Yogyakarta, khususnya di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa UMY yang telah berinisiatif untuk mendirikan program ini. Semoga bisa bermanfaat,” kata Nilawati disela-sela acara.

Acara peresmian ini diisi dengan talkshow oleh Wening Wulandaru atau biasa dipanggil Bunda Wening yang membawakan materi tentang bagaimana peran orang tua dan guru dalam menanggulangi bullying. Kasus bullying pada remaja makin marak terjadi bukan hanya karena ada kesempatan tetapi juga karena kurangnya perhatian yang diberikan oleh orang tua dan juga guru mereka di sekolah.

“Mari kita ajak anak kita ngobrol minimal 15 menit per hari. Bedakan ngobrol dengan memberi nasihat, sehingga anak bisa lebih terbuka dengan orang tuanya ketika sedang mengobrol. Karena pada usia remaja SMP, anak-anak paling ingin diperhatikan oleh orang tuanya,” ucap Bunda Wening.

Sebagai informasi, HoCAB merupakan sebuah Program Kreativitas Mahasiswa dari mahasiswa UMY yakni Adrian Adzanas, Bryan Bimantoro, Maitsa Putri Shafa, dan Santhy Widya Anggraeni serta dosen pembimbing, Sugito. Pengurus HoCAB sendiri merupakan anggota Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang diketuai oleh Ivory Ayeisha. (SAW)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar