Gender, Sebuah Konstruksi Bukan Sekedar Kodrat



Bertempat di Pelataran Gedung Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), pada hari Rabu (27/5) telah diselenggarakan diskusi dengan tema “Menentang Determinasi Biologis pada Gender.” Dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Anggoro Budi Prasetya dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Aksara dan Firly Annisa,MA yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi UMY. Teater Tangga selaku penyelenggara acara memiliki alasan memilih tema ini karena seksualitas adalah yang paling dimiliki oleh wanita, tetapi paling direnggut dari wanita.

Rangkaian acara dimulai dengan sambutan dari perwakilan Teater Tangga, dilanjutkan dengan pembicara pertama Anggoro yang menjelaskan tentang gender dan bagaimana gender dipahami di sebuah lingkungan masyarakat bahwa banyak masyarakat masih berpandangan gender selalu identik dengan perempuan dan kodrat perempuan hanya memasak, melahirkan dan mengurus kegiatan rumah tangga. Anggoro menambahkan “Gender tidak melulu tentang perempuan, pandangan itu terjadi karena budaya patriarki masih mengakar kuat di masyarakat.” Pembicara kedua Firly sebagai wanita mengatakan “Harga diri didapat dari pekerjaan, sayangnya banyak pekerjaan seperti pemilik media kebanyakan laki-laki dibanding perempuan.” Acara ditutup dengan beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta, yang langsung ditanggapi oleh kedua narasumber tersebut.(AMS)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar