Resensi “Filosofi Kopi”



Pengarang : Dewi Lestari
Tahun : 2006
Penerbit : Gagas Media

Sebuah novel yang berisi kumpulan cerita dan prosa karya Dewi Lestari. Terdiri dari 18 cerita pendek, dua diantaranya (Rico de Coro dan sikat gigi) sudah pernah dipublikasikan di sebuah surat kabar. Judul novel ini diambil dari cerpen pertama yaitu Filosofi Kopi. Menceritakan tentang dua orang sahabat bernama Ben dan Jody. Ben adalah seorang peramu kopi atau yang biasa dikenal sebagai Barista, sedangkan Jody adalah seorang yang mengurusi administrasi dan manajemen kafe. Setahun setelah Ben berkelana diseluruh dunia untuk mempelajari kopi, ia memutuskan untuk membuka sebuah kafe yang diberi nama “Kedai Koffie Ben dan Jody”. Dari banyak pelanggan dan proses yang telah terjadi mereka sepakat untuk mengganti nama menjadi “Filosofi Kopi”. Suatu ketika seorang pelanggan datang dan menanyakan pada Ben tentang kopi yang sempurna. Karena Ben tak bisa menjawab, si pelanggan pun menantangnya untuk meramu kopi sehingga dapat membuat si pelanggan terdiam dan berkata “Sempurna”.

Ben seseorang yang tak mau dianggap remeh pun berusaha bekerja meramu kopi siang dan malam agar dapat menciptakan ramuan kopi yang sempurna. Sampai pada akhirnya Ben berhasil membuat kopi yang sempurna dan diberi nama “Ben’s Perfecto” dengan sebuah filosofi “sukses adalah wujud kesempurnaan hidup”. Namun, ada seorang bapak yang mengatakan, ada kopi yang lebih enak dari Ben’s Perfecto yang akhirnya membuat Ben merasa harus menelusuri Jawa Tengah demi mencari Kopi tersebut. Ternyata kopi itu adalah kopi tiwus, kopi yang hanya dijual di sebuah gubug reot, dan ini membuat Ben kehilangan akal dan merasa gagal dalam meramu kopi. Ben memutuskan berhenti meramu kopi dan meninggalkan Jody. Namun Jody mengingatkan sahabatnya tentang filosofi kopi tiwus bahwasanya “Walau tak ada yang sempurna hidup ini begini adanya. Sesempurna apapun kopi yang kamu buat, kopi tetaplah kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.”
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar