Ngetun, Si Perawan dari Gunung Kidul



Bosan berlibur ke pantai yang ramai dan penuh dengan pedagang? Ingin sensasi liburan ala pantai pribadi ? Pantai Ngetun jawabannya. 

Pantai Ngetun, terletak di dusun Sureng, desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Sebenarnya, pantai ini tidak jauh berbeda dengan pantai lainnya, tetapi letaknya yang jauh dari pemukiman dan akses jalan yang masih susah membuat pantai ini seperti terisolir dan tidak dikenal banyak wisatawan.

Walaupun Ngetun masih tergolong sepi pengunjung, tapi disini sudah ada fasilitas toilet, area parkir dan camping-ground. Bila wisatawan ingin bermalam disini, para wisatawan harus membawa persediaan logistic seperti makanan dan minuman dalam jumlah cukup. Jelas, karena pantai ini adalah pantai perawan dan wisatawan tidak akan menemukan pedagang seperti kebanyakan pantai lain. Pasir pantai yang terhampar luas menunjukkan kealamiannya. Disisi kiri pantai terdapat bukit yang bisa didaki selama sepuluh menit, sehingga wisatawan bisa melihat bibir pantai dari ketinggian dan menikmati pemandangan samudera Hindia.

Pantai ini dapat ditempuh dalam waktu 2 jam, dengan rute Jogja-Wonosari-Patuk-Tepus lalu ambil arah ke Pantai Siung. 2 kilometer sebelum pantai Siung akan ditemui SDN 4 Tepus di kanan jalan. Ikuti jalan kecil di depan SD tersebut. Selanjutnya sudah ada plang-plang sederhana yang menunjukan arah ke pantai. Jarak dari SD ke bibir pantai sekitar 8 kilometer. Tidak ada biaya retribusi untuk memasuki pantai.

Aktivitas di pantai ini hanya diisi oleh para pemancing dan pencari lobster. Kebanyakan dari mereka adalah para penduduk sekitar. Jika beruntung, wisatawan dapat bertemu penyu yang naik ke daratan untuk bertelur.

Bagaimana? Tertarik bertemu si perawan yang satu ini?
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar