Membuka Mata dalam Samudra Biru


“Indonesia, sejuta keindahan yang berserak di zamrud khatulistiwa, menyajikan pemandangan yang mampu menuai decak kagum”

Negeri Seribu Pulau

Indonesia yang memiliki keindahan bawah lautnya dianggap sebagai salah satu tempat terindah di dunia. Lautan Indonesia seluas 5,8 juta kilometer membentang luas dari Sabang hingga Merauke dengan puluhan ribu gugusan pulau-pulau kecil nan indah menambah pesona kecantikan Indonesia. Sebanyak 74 % species karang dunia ditemukan di perairan kepala burung Papua termasuk di kepulauan Raja Ampat yang memiliki keanekaragaman hayati terkaya di dunia.

Terumbu karang merupakan pusat keanekaragaman hayati laut, dan juga memiliki nilai estetika yang tiada tara. Fungsi ekologi yang dimiliki kawasan terumbu karang memiliki banyak manfaat dalam berbagai aspek ekonomi, sosial dan budaya. Potensi pemanfaatannya harus dikembangkan, namun juga harus tetap memperhatikan perlindungan ekosistem didalamnya, mengingat terumbu karang yang mudah rapuh. Pengetahuan akan tata cara menyelam dan menikmati keindahan laut tanpa merusaknya sangat perlu disosialisasikan bagi setiap pengunjung yang ingin menikmati keindahan bawah laut. 

Raja Ampat

Raja Ampat di juluki sebagai amazon Samudra Pasifik. Hal ini dirasa tidak terlalu berlebihan, disini terdapat banyak sekali terumbu karang yang menjadi rumah bagi berbagai jenis species ikan kecil yang hidup di sekitarnya. Kepulauan kecil yang terletak di lepas pantai Papua Barat ini merupakan kawasan maritim yang sangat kaya akan kehidupan lautnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa 3/4 species terumbu karang yang ada di dunia dapat anda temukan disini. 

Pemandangan bawah laut yang sangat spektakuler yang dikelilingi gugusan pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya menambah keindahan pemandangan yang disajikan. Untuk mengarungi kepulauan Raja Ampat, dapat menggunakan Kapal Phinisi yang telah diubah fungsinya menjadi kapal wisata. Selain sebagai objek wisata menyelam, bermain kayak atau trekking juga menjadi tujuan wisata di Raja Ampat. Raja Ampat merupakan bukti bahwa Indonesia memiliki keindahan alam, baik di darat maupun di laut yang sangat memukau. 

Sumba – Romantisme Sabana

Menikmati waktu di Sumba bagaikan menikmati secangkir teh di tengah padang rumput nan indah berseri. Sumba menyajikan keindahan alam yang sangat menawan, rerumputan yang hijau-kecoklatan di pinggiran bukit-bukit dan mendapati pemandangan menawan dari pegunungan kapur serta padang-padang sabana adalah hadiah yang paling menarik saat mengunjungi Nusa Cendana Sumbawa. Sungguh keindahan alam Indonesia yang tiada duanya dan patut diacungi jempol. Mendapati romantisme di antara angin yang berhembus memanjakan tubuh sambil menikmati indahnya tanah Sumbawa, menjadi nilai tersendiri bagi pulau Sumbawa yang menjadi salah satu tujuan utama turis mancanegara. (Glg)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar