Blood For Solidarity: Membangun Minat Mahasiswa untuk Donor Darah



Badan Eksekutif Mahasiswa  Universitas (BEM Universitas) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (BEM FKIK) bekerjasama dengan Korps Sukearela (KSR) menyelenggarkan kegiatan donor darah dengan tema “Blood for Solidarity” yang berlangsung di lantai dasar Masjid KH. Ahmad Dahlan Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada tanggal 9 hingga 12 April 2015.

Selain melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta, kegiatan donor darah kali ini juga melibatkan PMI Kabupaten Sleman, Kulonprogo,  Bantul dan Gunung Kidul. Pihak penyelenggara juga menyediakan fasilitas pengecekan kesehatan gratis seperti pengecekan gula darah, kolesterol dan asam urat.

Salah seorang pendonor, Ikwanudin Robbani, mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional mengaku merasa sedikit was-was karena khawatir saat proses pengambilan darah akan terjadi hambatan seperti darah mengalir tidak lancar. Ikhwan, begitu nama sapaannya juga mengajak generasi muda untuk ikut berpatisipasi dalam mendonorkan darahnya. “Sebagai pemuda yang sehat kita perlu ikut membantu sesama karena setetes darah kita sangat berarti untuk hidup orang lain, untuk itu jangan merasa takut untuk mendonorkan darah.” Kegiatan donor darah yang diikuti oleh sekitar 300 pendonor  ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Milad UMY ke-34 dan terbuka untuk umum.
Fatwa Yulia, ketua panitia acara donor darah mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan sebagai rangkaian acara Milad UMY sekaligus untuk mendorong minat generasi muda untuk melakukan kegiatan donor darah. “Tujuan dari acara ini sendiri sebenarnya salain sebagai rangkaian acara milad UMY juga  untuk menggugah minat generasi muda khususnya mahasiswa untuk membantu sesama karena masih sedikitnya jumlah pendonor dari kalangan pemuda. Dan target kami adalah 1000 pendonor,” ungkap Fatwa. 
(friska)


Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar