Biasakan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat!

sumber gambar : www.hmb.bio.undip.ac.id


Ada yang ingat ini hari apa [sic]? Ya, 7 April merupakan peringatan Hari Kesehatan Sedunia. Hari Kesehatan Sedunia ini diperingati oleh negara-negara di dunia terutama negara-negara yang tergabung dalam World Health Organization (WHO), karena Hari Kesehatan Sedunia ini juga didukung oleh WHO. Tujuan utama dari peringatan Hari Kesehatan Sedunia ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya menjaga kesehatan.

Momentum ini sangat tepat untuk mensosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat, terutama masalah menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menimbulkan penyakit bagi orang sekitarnya. Karena jarang sekali seseorang teringat akan hal ini dalam segala rutinitasnya yang padat. 

Kenapa hari Kesehatan Sedunia jatuh pada tanggal 7 April? Karena pada tanggal ini di tahun 1948, merupakan pertemuan Dunia Kesehatan pertama yang diadakan oleh WHO. Hari Kesehatan Sedunia ini pertama kali diadakan pada tahun 1950. Sedangkan di Indonesia sendiri, Hari Kesehatan Nasional diperingati pada tanggal 12 November, yang tujuannya tidak jauh berbeda dengan tujuan dari Hari Kesehatan Sedunia, yaitu membangun kesadaran, kemauan dan kemampuan semua komponen bangsa untuk mewujudkan rakyat sehat sebagai sumber kekuatan ketahanan bangsa yang tangguh dan negara kuat.

Semoga dengan adanya Hari Peringatan Sedunia ini membuat kita semakin sadar akan pentingnya kesehatan, karena sebagian besar dari kita, baru menyadari pentingnya kesehatan setelah mengalami sakit. Nah, padahal kesehatan itu selalu penting setiap saat. Ingat ya, mencegah lebih baik daripada mengobati. [Indah]
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar