Tips and Trik Ramah Difabel




Difabel dari semua kelompok umur hidup di setiap wilayah dan kelompok masyarakat di Indonesia. Mereka merupakan bagian dari semua suku, kelas sosial, budaya, dan agama di negara ini. Dalam lingkungan masyarakatnya, mereka seharusmya memanfaatkan fasilitas umum di sekolah-sekolah, tempat kerja, pusat perbelanjaan, lingkungan rumah, transportasi umum dan kantor-kantor Pemerintah. Pengguna kursi roda, pengguna tongkat, dan pengguna bahasa isyarat, serta orang-orang tunagrahita, seharusnya menjadi bagian yang wajar dari dunia kita.

Berikut ini ada beberapa tips and trick menghadapi teman teman kita yang difabel, yaitu :

1. Bertanyalah dulu sebelum membantu 

Hanya karena seseorang tersebut adalah difabel, janganlah beranggapan bahwa ia membutuhkan pertolongan. Apabila lingkungannya aksesibel, difabel biasanya dapat melakukan segala sesuatu dengan baik. Seorang difabel mengharapkan dirinya diperlakukan sebagai pribadi yang mandiri. Tawarkan bantuan ketika Anda melihat ia tampak membutuhkannya. Apabila memerlukan bantuan, bertanyalah bagaimana Anda dapat membantunya.

2. Peka terhadap kontak fisik

Beberapa difabel bergantung kepada kedua tangan mereka untuk menjaga keseimbangan. Memegang kedua tangannya, walaupun Anda bermaksud membantunya, justru dapat membuatnya kehilangan keseimbangan. Hindari menepuk kepala atau memegangi kursi rodanya, skuter atau tongkatnya. Mereka menganggap alat bantu mereka sebagai bagian dari privasinya.

3. Pertimbangkanlah sebelum anda berbicara

Hendaknya Anda berbicara langsung kepada mereka, bukan kepada pendampingnya. Bercakap-cakap ringan dengan difabel merupakan hal yang baik, berbicaralah kepadanya sebagaimana apa yang anda lakukan juga kepada orang lain. Hormati privasinya. Apabia Anda bertanya tentang perbedaannya, ia mungkin akan merasa anda memperlakukannya sebagai orang cacat bukan manusia.

4. Jangan berasumsi

Para difabel adalah pengambil keputusan terbaik mengenai apa yang dapat maupun yang tidak dapat mereka lakukan. Janganlah mengambil keputusan untuk mereka mengenai bagaimana mereka terlibat dalam aktivitas tertentu. Dalam situasi tertentu, mengabaikan seseorang karena berasumsi tentang keterbatasannya dapat menjadi pelanggaran terhadap hak difabel.

5. Menanggapi permintaan dengan ramah

Ketika difabel menanyakan suatu pelayanan di perusahaan Anda, itu bukanlah sebuah keluhan. Justru menunjukkan bahwa ia merasa cukup nyaman di perusahaan anda untuk menyatakan apa yang ia butuhkan. Apabila ia mendapatkan tanggapan yang positif, barangkali ia akan kembali lagi dan menceritakan kepada teman-temannya tentang pelayanan baik yang ia terima.

6. Petunjuk tentang penggunaan istilah

Bahasa mengalami perkembangan. Begitu pula dengan bahasa yang digunakan oleh penyandang difabel. Mengikuti perkembangan bahasa yang terakhir penting. Hal ini tidak berarti menunjukan bahwa Anda “benar secara politis”, tetapi untuk menggunakan bahasa tersebut dalam komunikasi secara efektif dan benar. Apa yang anda ucapkan dan tulis bisa meningkatkan martabat difabel. 



Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan istilah :

            Istilah yang tidak sesuai
                  Istilah yang sesuai
 Orang normal, sehat, sempurna.
Orang tanpa kecacatan.
Terikat dengan kursi roda, terbatas geraknya pada sebuah kursi roda.
Pengguna kursi roda, orang yang menggunakan sebuah kursi roda, orang dengan kursi roda.
Tempat parkir bagi orang cacat.
Tempat parkir yang aksesibel bagi peyandang cacat.
Korban cerebral palsy kejang.
Orang yang mengalami kelayuhan otak (cerebral palsy).
Penderita epilepsi.
Orang yang mengalami epilepsi, orang yang mengalami gangguan/ serang mendadak.
Orang terbelakang, orang tolol, idiot.
Orang yang mengalami gangguan intelektual.
Penderita Down’s person, Mongoloid.
Orang yang mengalami Down syndrom.
Pelajar yang mengalami keterbelakangan.
Pelajar yang mengalami kesulitan khusus dalam belajar.
Orang kerdil, cebol.
Orang yang pendek, orang yang kecil, orang yang bertubuh pendek.
Penderita Paraplegi, Quadraplegi

Orang yang mengalami Paraplegi, orang yang mengalami cedera tulang belakang.
Cacat lahir.
Orang yang mengalami kelainan sejak lahir.
            
(Deer)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar