Tiga Mahasiswa HI UMY Wakili Indonesia ke Harvard World Model United Nations 2015

Ahmad Jawwad

Tiga mahasiswa Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi salah satu wakil Indonesia dalam acara Harvard World Model United Nations (HWMUN) di Korea Selatan pada 16-20 Maret 2015 mendatang. Mereka adalah Ahmad Jawwad, Asep Suryana, dan Andi Amytia Resty Dwiyanti. Dalam HWMUN 2015 ini mereka menjadi delegasi untuk negara Mauritius dalam council African Union.

“November kemarin kami menerima undangan dari HWMUN bahwa kami lolos seleksi. Tanggal 14 Maret nanti pergi ke Jakarta, tanggal 15 Maret langsung bertolak ke Seoul,” kata Ahmad Jawwad yang juga merupakan ketua delegasi UMY ketika diwawancarai pada Kamis (12/3) di kantor Nuansa.

Menurut Jawwad, ada beberapa kendala yang dihadapi mereka dalam persiapan menuju ke Seoul nanti. Salah satunya adalah kendala keuangan. “Ada beberapa kendala yang kami hadapi, terutama kendala dalam hal keuangan. Kampus memang memberi sokongan dana, tapi itu jauh dari cukup untuk meng-cover semuanya,” katanya. Selain itu, kendala lainnya adalah tidak adanya African Studies di UMY yang menyebabkan mereka harus ke Universitas Gajah Mada (UGM) dulu dan bertanya pada pakar-pakar disana untuk mengetahui permasalahan-permasalahan Mauritius dalam council tersebut.

Dalam HWMUN 2015 ini, tidak hanya UMY saja yang mewakili Indonesia, tetapi juga UGM, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, dan lainnya. Untuk bisa berlaga dalam acara ini, para delegasi harus melakukan seleksi essay terlebih dahulu, kemudian seleksi administrasi, seperti Curriculum Vitae, pengalaman dalam mengikuti MUN, dan lainnya.

Jawwad berpesan pada teman-teman mahasiswa lainnya supaya jangan takut mencoba untuk keluar dari comfort zone. “Jangan minder dengan mahasiswa dari universitas lain. Berani mencoba adalah modal paling utama. Kalau tidak mencoba, kita tidak akan tahu seberapa besar kemampuan kita,” tutup Jawwad. (SAW)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar