Pemberdayaan Pengolahan Sampah pada Petugas Kebersihan


Pada Selasa (24/3) telah dilaksanakan pembukaan acara Pelatihan Pengolahan Sampah Anorganik. Acara ini diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) bidang SOSEK (sosial ekonomi dan kewirausahaan). Bertempat di Stadium General Fakultas Teknik dengan peserta sekitar 30 cleaning service. acara ini bertujuan untuk mengurangi sampah anorganik yang menumpuk di setiap fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Dengan pengolahan yang benar sampah anorganik tersebut dapat berubah dari sampah yang tak berguna menjadi sesuatu barang yang layak jual. 

Mengambil tema “Revitalisasi Hablum Minannas dan Hablum Minnal Alam”, IMM berusaha agar setiap orang bisa berbuat baik tidak hanya sesama manusia, tetapi juga pada alam. Selain bermanfaat dalam segi ekonomi acara pelatihan ini juga untuk mengisi waktu luang dari cleaning service itu sendiri. IMM tergerak membuat acara ini karena melihat penghasilan dari cleaning service dinilai sangat minim, selain itu dengan tingkat pendidikan rata-rata yang dimiliki oleh cleaning service tersebut adalah lulusan SD mereka sulit untuk mencari pekerjaan sampingan lain. Acara ini terselenggara agar para cleaning service tersebut dapat memiliki penghasilan lebih. Untuk pelatihannya sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 25 sampai 26 Maret 2015 bertempat di lantai dasar Masjid Ahmad Dahlan UMY. 

"Harapannya acara ini akan terselenggara dengan baik dan berguna dikemudian hari," Muhammad Jamaludin selaku panitia menjelaskan. “Kami sendiri berharap kalau acara ini tidak hanya sampai pelatihan dan pembekalan, semoga saja di UMY akan ada Bank Sampah yang bisa digunakan untuk pelatihan dan proses pengolahan dari sampah anorganik, tetapi sejauh ini pihak kampus masih belum bisa menyetujui dikarenakan masalah ketersediaan lahan,” jelasnya. (Nisa&Mei)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar