Menginternasionalkan Persahabatan di International Culture Festival


Kredo "Muda Mendunia" semakin terdengar lantang di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Salah satu realisasi internasionalisasi adalah digelarnya International Culture Festival (ICF) yang dihelat di lantai dasar masjid K.H Ahmad Dahlan pada Selasa (10/3). Acara yang menggabungkan pentas kebudayaan tradisional dan kuliner ini diikuti oleh 17 negara sahabat, diantaranya Singapura, Thailand, Ukraina, Turki, Italia, Polandia, Jordania, Jerman, Malaysia dan mahasiswa internasional yang sedang menempuh studi di UMY. Acara ini diselenggarakan oleh International Relations Office (IRO) UMY bekerjasama dengan Suranaree University of Technology, dan Singapore Polytechnic.
“Acara ini sesuai dengan semangat beyond borders yang dijunjung IRO, kita menjalin persahabatan dengan saling mengenalkan budaya,” jelas Toni.K Hariadi selaku direktur IRO.


Acara yang merupakan rangkaian milad UMY ke-34 ini, sekaligus pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional yang diadakan dua tahun sekali.

“Ini merupakan opening dari rangkaian KKN internasional. Setelah acara ini nanti peserta KKN internasional akan turun ke desa binaan UMY selama dua minggu, lalu melanjutkan agenda KKN di Singapura," terang Idham Badruzzaman selaku ketua panitia ICF.

Atmosfer internasional yang dibawa ke lantai dasar masjid langsung terasa dengan keramahan mahasiswa-mahasiswa internasional dengan kuliner khas daerah masing-masing. Keramahtamahan mahasiswa Indonesia yang berkunjung pun saling menghangatkan acara.

“Saya senang dengan acara ini, saya pun sangat excited ketika diundang sahabat saya ke Indonesia karena Indonesia adalah top list negara yang harus saya kunjungi,” ungkap Ariana, mahasiswi dari Italia. Dia mengaku baru satu bulan di Indonesia dan sangat menikmati pesona Indonesia.

“Sayangnya, saya dan teman-teman hanya diberi waktu lima hari untuk persiapan event ini, padahal jika ada waktu lebih saya akan menyiapkan dengan maksimal seperti membuat pizza di sini misalnya,” ungkap Ariana dengan canda. (uma)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar