Peringati Hari Jadi Ke-12 Tahun, Kabupaten Belitung Timur Mengadakan Pesta Rakyat




Gemerlap cahaya panggung berkolaborasi dengan indahnya temaram bulan purnama dan diramaikan oleh seribuan masyarakat Belitung Timur membuat resepsi perayaan hari jadi ke-12 tahun Kabupaten Belitung Timur menjadi meriah. Resepsi itu bertajuk ‘Gebyar Negeri Sejuta Pelangi’ yang diselenggarakan di Pantai Nyiur Melambai, Desa Lalang, Manggar pada Jumat malam (6/2). Acara ini menghadirkan pesta rakyat yang menyediakan berbagai makanan khas Belitung Timur yang disediakan secara gratis oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Belitung Timur. Acara ini akan berlangsung selama tiga hari, sejak Jumat sampai Minggu (6-8/2) pukul 14.00 WIB - 23.00 WIB.

“Konsepnya ini memang pesta rakyat. Jadi, selama tiga hari tiga malam kami menyuguhkan kepada pengunjung beragam makanan tradisional Belitung Timur secara gratis,” kata Helly Tjandra, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Belitung Timur saat ditemui di tempat acara. Tidak hanya menyediakan makanan gratis, acara ini juga menyuguhkan puluhan penampilan menarik dari berbagai kalangan, mulai dari seni tari, seni budaya Belitong, band pelajar, komunitas beatbox, penampilan dari teman-teman difabel Belitung Timur dan lainnya.

Helly menambahkan, tujuan acara ini juga sebagai ajang promosi pariwisata Belitung Timur yang semakin tahun semakin meningkat. “Diharapkan dengan adanya event seperti ini makin menambah kesadaran masyarakat Belitung Timur supaya sadar akan pariwisata dan peduli terhadap pelestarian budaya daerah. Kedepannya kami juga akan memerbanyak event-event wisata supaya bisa menjaring wisatawan lebih banyak untuk datang dan berlibur ke Belitung Timur,” tambah Helly.

Dalam sambutannya, Bupati Belitung Timur, Basuri Tjahaja Purnama, mengatakan bahwa sebagai masyarakat Belitung Timur kita harus bangga dengan pesatnya pertumbuhan daerah dibidang pariwisata. “Dulu, pada tahun 2010 wisatawan yang mengunjungi Belitung Timur hanya 10 ribu orang. Sekarang tahun 2014 angka itu bertambah pesat menjadi 81 ribu wisatawan, dalam maupun luar negeri. Kita harus meningkatkan angka itu dengan perilaku sadar wisata dan menangkap peluang yang ada,” kata Basuri yang juga merupakan adik dari Ahok, Gubernur DKI Jakarta pada malam pembukaan resepsi, Jumat (6/2).

Banyak masyarakat yang takut apabila masa kejayaan timah sudah habis maka tidak ada lagi sumber pencarian hidup mereka. “Jangan takut lagi era pasca timah akan sengsara, sekarang saatnya melihat sumber pencarian hidup yang baru, yakni di dunia pariwisata. Kita harus percaya bahwa kita akan jaya kedepannya dengan mengandalkan pariwisata!” kata Basuri, menutup sambutannya sembari berpantun.

Acara pembukaan resepsi ini dihadiri Bupati, Wakil Bupati, seluruh Kepala Dinas, tamu undangan seperti tokoh masyarakat, tokoh budaya, penggiat pariwisata, dan dihadiri pula oleh Bupati dan Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh dan Erwandi A. Rani. Dalam acara ini juga digelar launching majalah ‘Visit Beltim’ edisi ke-9 dan Visit Beltim Awards 2015 yang diberikan kepada beberapa kategori, diantaranya kategori tokoh paling inspiratif Belitung Timur yang diraih oleh novelis Andrea Hirata. (SAW)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Artikel yang bagus. Terima kasih atas info yang diberikan. Mudah dipahami dengan pemilihan kata yang ringan.
    Saya memiliki link yang mungkin berguna untuk menambah referensi tentang Pariwisata Indonesia.
    Silahkan dikunjungi. Web Pariwisata Gunadarma

    BalasHapus