Muhammadiyah Menggelorakan Semangat #SAVEKPK



Kisruh yang sedang terjadi antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) dalam beberapa kasus belakangan ini mengantarkan banyak tanggapan dan reaksi dari masyarakat, salah satunya yaitu organisasi islam Muhammadiyah. Pada Senin (26/1), bertempat di pelataran Gedung Kembar AR Fachruddin kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) para akademisi, dan civitas akademika perguruan tinggi Muhammadiyah se-Indonesia menggelar aksi orasi pernyataan sikap terhadap kisruh antara KPK dan POLRI.

Buya Syafi’i Ma arif dalam orasinya mengatakan, Muhammadiyah sebagai organisasi islam tidak boleh diam dalam menanggapi kasus KPK dan POLRI. Muhammadiyah akan mengawal kasus tersebut sampai tuntas. “Muhammadiyah tidak akan tinggal diam melihat kasus yang terjadi antara KPK dan POLRI, dan kami meminta dengan tegas kepada Presiden untuk dapat mendengar hati nurani rakyat dalam menyelesaikan kasus tersebut,” ungkap Buya dalam orasinya.

Pada orasi tersebut turut dihadiri petinggi-petinggi Muhammadiyah, seperti Majelis Pendidikan Tinggi Muhammadiyah, Buya Syafi’i Maarif, Abdul Munir Mulkan, Ketua Aisyah, rektor-rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang ada di Jogja dan Jawa Tengah, dan mahasiswa-mahasiswa UMY. Namun, pada kesempatan tersebut tidak terlihat kehadiran Amien Rais, yang mana merupakan salah satu petinggi Muhammadiyah.

Bambang Cipto, selaku rektor UMY dalam orasinya ia mengharapkan terjalin kinerja yang baik antara KPK dan POLRI untuk melakukan penegakan hukum di Indonesia. “KPK dan POLRI harus bisa membebaskan diri dari berbagai tekanan dan kepentingan politik, serta bisa menahan diri untuk tidak saling menjatuhkan martabat lembaga dengan tetap menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya,” ungkapnya.

Muhammadiyah akan terus memberi dukungan moral kepada KPK dan menentang segala macam bentuk upaya kriminalitas terhadap KPK, dan diharapkan KPK akan tetap terus bekerja secara maksimal dalam melakukan pemberantasan korupsi, sesuai dengan cita-cita Muhammadiyah. (ADM) (Foto: doc. Sulis)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar