MMSA UMY Peduli HIV/AIDS



Memperingati hari HIV/AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember, MMSA (Muhammadiyah Medical Student Activity) menggelar serangkaian acara dalam bentuk kepedulian terhadap penderita dan kasus HIV/AIDS yang semakin meningkat di dunia, khususnya di Indonesia. Perwakilan Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Yogyakarta, Kaswanto,  dalam sambutannya mengatakan bahwa, saat ini terdapat 774 kasus HIV/AIDS yang ada di Yogyakarta, dan 2880 kasus di Indonesia. Pada kasus HIV/AIDS tersebut, 41% penderitanya adalah anak-anak usia produktif, yaitu sekitar umur 20-29 tahun.

MMSA UMY memiliki misi penting dalam bentuk kepedulian terhadap kasus HIV/AIDS tersebut, melalui acara ALIVE, dengan menyelenggarakan beberapa acara, pertama yaitu pemasangan pita AIDS berukuran 3×5 meter terbuat dari rangkaian 11.214 pita. Pada acara tersebut mendapatkan penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan pemasangan pita AIDS terbanyak. M. Prakasa Wicaksono selaku ketua acara menuturkan, terselenggaranya pemasangan pita tersebut semata-mata tidak hanya sebagai bentuk ingin mendapatkan rekor MURI, melainkan sebagai ajang sosialisasi kepada masyrakat, khususnya mahasiswa UMY akan bahaya HIV/AIDS dan proses penyebaran virusnya, “ Masih banyak stigma negatif kepada penderita HIV/AIDS yang muncul di masyarakat, karena informasi keliru yang beredar di masyarakat, seperti takut berdekatan dengan penderita HIV/AIDS, atas hal itu event ini sebagai ajang pembelajaran bagi kita semua,”paparnya.

Untuk penyerahan sertifikat dari MURI tersebut, akan diserahkan pada tanggal 26 Desember 2014, bertepatan langsung dengan hari ulang tahun MMSA UMY. Selain itu, MMSA UMY pada (1/12) menyelenggarakan lomba hias tumpeng, bertempat di UMY boga, acara tersebut diikuti oleh beberapa lembaga masyarakat peduli HIV/AIDS yaitu Vesta, Victory Plus, dan Jari Mulia. Satrio, selaku koordinator acara mengatakan, tujuan dari diadakannya lomba menghias tumpeng tersebut sebagai bentuk mensosialisasikan kepada masyarakat, khususnya mahasiswa, bahwa di Indonesia, khususnya di Yogyakarta, masih ada lembaga-lembaga yang peduli akan penderita HIV/AIDS, “Acara ini pada dasarnya sebagai bentuk pengenalan kepada mahasiswa bahwa selama ini ada lembaga-lembaga yang peduli akan HIV/AIDS, selain itu juga, sebagai ajang silaturahmi sesama LSM peduli HIV/AIDS,” jelasnya. 

Acara ALIVE tersebut akan berlanjut hingga tanggal 14 Maret 2014, yaitu dengan acara Glow Run, acara lari massal terebut akan diselenggarakan di Balai Kota Yogyakarta, yang sekaligus sebagai ajang penutup serangkaian acara yang telah diselenggarakan oleh MMSA dalam memperingati hari HIV/AIDS. (adm)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar