Mahathir Global Peace School 3 Digelar di UMY

           


Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menjadi tuan rumah dalam acara Mahathir Global Peace School (MGPS) 3. Acara yang diselenggarakan atas kerjasama UMY dengan Perdana Global Peace Foundation (PGPF) ini mengambil tema "Migration, Border, and Global Peace" dan berlangsung di Gedung AR Fachruddin B lantai 5, Kampus Terpadu UMY, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Senin (1/12).

“Migrasi diawali oleh nabi Adam dan istrinya yang dahulu bertemu lalu mempunyai anak dan mereka berpencar ke berbagai belahan dunia, dan kita adalah penerus mereka. Migrasi akan terus terjadi dalam hidup kita. Karena migrasi adalah salah satu proses untuk mendapatkan kedamaian. Kita harus ikut berpartisipasi dalam mewujudkan perdamaian dunia,” tegas Prof. Dr. Bambang Cipto, MA dalam sambutannya selaku Rektor UMY.

Di upacara pembukaan ini, Dr. Dino Patti Djalal juga menyampaikan bahwa setiap negara pasti punya masalah dengan perbatasan. “Dewasa ini tidak ada negara yang bisa lepas dengan masalah perbatasan dan yang menjadi agenda utama supaya masalah itu bisa terhindar adalah dengan memperkuat national unity. Kita harus bersatu menghadapi masalah-masalah itu,” kata Djalal.

Upacara pembukaan MGPS 3 sekaligus public lecture ini dihadiri oleh Rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto, MA, Perwakilan dari PGPF Tan Sri Abdul Halil Mutalif, Pendiri Komunitas Kebijakan Luar Negeri Dr. Dino Patti Djalal, Mantan Menteri Luar Negeri Malaysia periode 1986-1987 dan 2008-2009 Tan Sri Dato' Sri Dr. Rais Yatim, Hilman Latief, Ph.D selaku moderator acara ini, dan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai universitas di wilayah Asia dan Australia.

Di acara hari ini juga ada peresmian Pusat Studi Perdamaian dan Humaniter UMY dimana Pusat Studi ini bisa menjadi rujukan mahasiswa maupun dosen yang ingin lebih mendalami perdamaian dan humaniter. MGPS ini akan berakhir pada tanggal 10 Desember 2014. (SAW)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar