Lingkungan UMY Belum Ciptakan Mahasiswa Kritis

Rabu (10/12) bertempat di gedung F4 lantai 1, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi Konseling Islam atau ICC mengadakan diskusi rutin bertema “Manajemen Media Cetak”. Nurjannah Awaliyah selaku mantan pemimpin redaksi Lembaga Pers dan Penerbitan Mahasiswa (LPPM) Nuansa mengisi diskusi sebagai pembicara.

Kampus sebagaimana mestinya adalah miniatur dari negara, maka pers mahasiswa pada suatu kampus sebagaimana undang-undang No. 40 tahun 1999 memiliki makna yang sama pada pers pada umumnya. “Pers kampus memiliki fungsi membentuk opini mahasiswa sekaligus social control, maka media memiliki pengaruh besar di suatu kampus. Kita khususnya sebagai awak media tidak boleh menutup mata pada kebijakan-kebijakan kampus” papar Nurjannah.

Nurjannah juga mengkritik lingkungan UMY yang sekarang belum menciptakan mahasiswa yang kritis. Masih terlalu banyak mahasiswa yang ditutup matanya oleh sikap hedonisme sehingga acuh terhadap semua kebijakan kampus. “Meskipun seperti itu, pers mahasiswa tidak boleh lepas dari fungsi sosialnya, yaitu memberi kritik yang konstruktif dan dewasa untuk kampus agar bercermin,” tambahnya.

“Kendala yang dirasakan oleh teman-teman media sekarang adalah minimnya dana sehingga kesulitan untuk mendapatkan wadah cetak,” keluh salah satu peserta diskusi. Web adalah salah satu wadah paling murah yang dapat diakses oleh siapapun dimanapun ruang dan kapanpun waktunya seperti contohnya nuansa.persmahasiswa.org dan lain-lain. “Jadi tidak ada alasan lagi jika mahasiswa kekurangan wadah untuk beraspirasi,” tukas Nurjannah.

Kegiatan Rutin yang diadakan dua minggu sekali setiap rabu sore ini adalah salah satu bentuk tukar informasi di bidang jurnalistik HMJ ICC kepada LPPM Nuansa mengenai seluk beluk manajemen media khususnya media yang berbentuk cetak. “Kebetulan diskusi rutin kami kali ini mengangkat tema kejurnalistikan, kami ingin tahu bagaimana manajemen media cetak yang baik dan benar itu seperti apa, karena kebetulan ICC memiliki majalah yang sempat vacuum yaitu ICC ZONE, dan dengan diadakannya diskusi mengenai manajemen media cetak ini kami berharap ICC ZONE bisa terbit lagi,” jelas Ikram selaku ketua HMJ ICC. (HIL)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar