Jurus Jitu Mendapatkan Nilai Memuaskan dalam Sistem KBK



KBK adalah akronim dari Kurikulum Berbasis Kompetensi. KBK berbeda dengan sistem ujian seperti biasanya. Kalau sistem yang diterapkan sekarang, kita harus ujian di tengah dan akhir semester. Berbeda dengan sistem sekarang, pada sistem KBK, dalam satu semester dapat terselenggara ujian hingga empat kali. Di UMY ini, beberapa fakultas sudah menerapkan sistem tersebut. Seperti Fakultas Ekonomi, Fakultas Agama Islam dan lainnya. Tak dapat dipungkiri, pada sistem ini membuat mahasiswa menjadi superduper sibuk karena tugasnya yang banyak. Teman-teman Nuansa mau kan mendapat nilai yang memuaskan pada semester ini? Simak Tips dan Trik dari kita berikut ini.

1. Sangat dianjurkan bagi mahasiswa untuk menjaga intensitas kehadiran. Ini memiliki pengaruh besar juga, walaupun kelihatannya sangat sepele. Ngga ada lagi kata malas bagi sobat Nuansa yang suka bolos ya.     
2.  “Malu bertanya, sesat di jalan.” Pernahkan mendengar peribahasa ini? Teman-teman seringlah bertanya baik saat berdiskusi, presentasi atau saat dosen mengajar. Ini sangat menguntungkan bagi teman-teman yang suka bertanya. Mengapa? Karena dapat menjawab rasa ingin tahu kalian, dapat berbagi ilmu dengan lainnya dan nilai pun juga ikut bertambah.
3.  Tak perlu khawatir apabila teman-teman sendiri sudah paham dan tak ada yang perlu ditanyakan. Nilai tidak hanya didapatkan dari keaktifan mahasiswa yang bertanya. Mahasiswa yang suka menjawab dan memberi sanggahan baik itu kritik dan saran juga bisa. Teman-teman bisa mengombinasikan dengan isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan. Tetapi, tetap digaris bawahi jika bobot dan kualitas sangat diutamakan.   
4. Kerjakan tugas dan kumpulkan tepat waktu. Jika kalian izin, tugas yang diberikan oleh dosen bisa dikumpulkan esoknya atau titp ke teman.
5. Dan yang terpenting, jangan suka menunda apa yang harus dikerjakan. Kalau begini terus, tugas akan semakin menumpuk. SKS (Sistem Kebut Semalam) pada ujian sulit diberlakukan pada sistem ini. Lebih cepat lebih baik!


Mungkin Tips dan Trik diatas dapat membantu teman-teman dalam memperoleh nilai  yang kalian memuaskan. Tetapi, selalu iringi dengan do’a setiap mengerjakan sesuatu. Semangat! Salam Persma! (FMP)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar