Berfilosofis dengan Film Animasi Perancis


Rabu (3/12) Warung Prancis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerja sama dengan Institut Francais Indonesia (IFI) mengadakan nonton bareng dan diskusi film animasi pendek asal Perancis. Acara yang bertempat di ruang mini theater PPB ini, menghadirkan Karine Josse, sebagai perwakilan Perancis dari IFI yang juga seorang pembuat film khususnya film animasi.

Kegiatan ini menayangkan beberapa film animasi pendek tanpa dialog diantaranya: Le Moine et le Poisson , Une bonne journée, Le roman de mon âme, Au bout du monde. Seperti yang telah di paparkan Karine sebelumnya, film prancis memiliki nuansa tersendiri karena alur cerita yang disuguhkan sarat akan nilai filosofi dan terkadang membuat bingung penonton. Namun, hal ini menjadi nilai lebih dan membuat film prancis berbeda dengan film asal hollywood.

Misalkan film Le Moine et le Poisson (The Monk and The Fish), film berdurasi 6 menit ini menceritakan seorang biarawan yang sedang duduk di pinggir kolam. Tib-tiba ia melihat seekor ikan di dalam kolam dan berkeinginan untuk menangkapnya. Segala cara ia lakukan, dimulai dari memakai tongkat pancing, jaring pancing, hingga memanggil biarawan lain untuk membantunya, meskipun akhirnya gagal. Di akhir film, diperlihatkan si biarawan dan juga seekor ikan tadi berenang bersama-sama di dalam kolam. "Cerita ini memberikan gambaran bahwa sesering apapun kita gagal, kita harus tetap teguh mengejar impian kita." ujar seorang mahasiswa usai menonton film tersebut. 

Acara ini sebagai bentuk pembukaan dari festival sinema prancis yang akan diadakan di yogyakarta mulai tanggal 5-7 Desember 2014 di cinema XXI/21. Festival kali ini menayangkan 8 (delapan) film terpilih dengan berbagai genre yaitu: Elle l'adore, la belle et la bête, Mea Culpa, Grâce de monaco, S'ils Maria, Qu'est-ce qu'on à fait au bon bieu?, Attila marcel, dan Casse-tête chinois. (LR)



Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar