Karakteristik Muslim


Masih banyak di antara kita yang belum mengerti esensi sebagai seorang muslim. Padahal jika kita menelaah lebih jauh tentang bagaimana seorang muslim sejatinya sudah bisa dipastikan dunia ini akan berada dalam ketentraman dan perdamaian. Hal inilah yang disampaikan oleh Orhan Cicek dalam Stadium General dengan tema “Muslim Identity, Characteristics, Perspective and Goals at the Troubled and Challenged World” yang diselenggarakan oleh BHP UMY di miniteater Gedung D lt.4 UMY, sabtu (1/11).

Orhan menuturkan bahwa ada beberapa karakteristik muslim atau muslimah seperti yang dirumuskan oleh Hasan Al Banna seperti aqidah yang bersih, ibadah yang benar, akhlak yang kokoh, kekuatan jasmani, intelek dalam berfikir, berjuang melawan hawa nafsu, pandai menjaga waktu, teratur dalam suatu urusan, mandiri dan bermanfaat bagi orang lain. “Banyak orang salah kaprah dalam mengartikan jihad. Padahal jihad yang paling besar adalah jihad dalam melawan hawa nafsu. Tapi kebanyakan orang mengartikan jihad dalam arti sempit yakni dalam peperangan saja,” tambah Orhan.


Orhan sendiri merupakan orang berkebangsaan Turki yang telah 34 tahun tinggal di Australia sehingga telah menjadi warga negara Australia. Menurut Lutfi Ulker, rekan Orhan, alasan memilih Orhan karena keahliannya dalam bidang dialog antar agama. Jadi dia yang paling mengerti tentang dialog antar agama dan acara seperti ini sudah diadakan di beberapa kota seperti Jakarta, Semarang, Jogja, Bandung, dan terakhir nanti akan diadakan di Aceh. Kami sebelumnya juga sudah mengadakan acara serupa seperti ini di UGM. Kami lanjutkan disini karena kami pikir mahasiswanya memiliki tingkat intelektual tinggi, agamanya tinggi, dan supaya pikirannya lebih terbuka,” tambah Lutfi. (BLA/BRY)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar