Mahasiswa UMY Melakukan Aksi Demonstrasi Menolak Kenaikan Harga BBM


Setelah beberapa waktu lalu mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta melakukan aksi demonstrasi, sekarang giliran mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang mengatasnamakan diri sebagai AMDAL (Aliansi Mahasiswa Berdaulat) yang melakukan aksi demonstrasi di depan Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Kamis (20/11). Aksi ini dilakukan karena adanya kebijakan pemerintah yang memutuskan untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Aksi demonstrasi ini dimulai pada pukul 14.00 WIB dan sampai berita ini diturunkan, demonstrasi masih berlangsung. AMDAL ini adalah gabungan dari beberapa BEM dan organisasi-organisasi yang ada di UMY, diantaranya adalah BEM KM UMY, DPM UMY, PC IMM AR FACHRUDIN, IMM KORKOM UMY, BEM FISIPOL UMY, DPM ISIPOL, BEM FE UMY, SENAT FE UMY, BEM FT UMY, BEM FAI UMY, dan SENAT FAI UMY.

AMDAL ini menuntut pemerintah untuk melaksanakan beberapa tuntutan, diantaranya mencabut kebijakan menaikkan harga BBM; Mencabut UU no. 22 tahun 2001 tentang UU Migas secara keseluruhan kemudian menggantinya dengan UU yang pro rakyat; Menaikkan pajak barang mewah, pajak barang impor, menurunkan anggaran belanja pegawai dalam APBN serta mendukung pengembangan energi alternatif; menasionalisasi aset-aset vital migas di sektor hulu dan hilir; dan memberantas mafia migas sampai ke akar-akarnya.

Karena aksi demonstrasi ini pihak kepolisian menurunkan sebanyak 300 personil gabungan dari polsek-polsek di seluruh Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Aksi demonstrasi ini diwarnai oleh pembakaran ban dan lempar-lemparan botol air mineral. Karena itu satu mahasiswa ditahan karena aksi mereka yang terlalu anarki. (ILA/BRY/ADM/MLN/SUL/BLA)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar