Lagi, Sekelompok Mahasiswa Melakukan Aksi Damai Menolak Kenaikan Harga BBM

 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali melakukan aksi damai di depan gerbang utama Kampus Terpadu UMY untuk menolak kenaikan harga BBM, Sabtu (21/11). Namun, kali ini mereka menamakan diri sebagai API-BERGERAK (Aliansi Pemuda Indonesia Bergerak). Aksi tersebut tegabung dari beberapa organisasi pergerakan maupun organisasi non-pergerakan yang terdiri dari IMM Kota Yogyakarta, IMM Cabang AR Fachruddin, BEM se-UMY, Organisasi pergerakan HMI, Sekber, Soping, FMY, dan turut serta juga BEM Universitas Islam Indonesia (UII).

Aliansi tersebut menyuarakan beberapa tuntutan kepada pemerintah. Pertama, mencabut kebijakan menaikkan harga BBM. Kedua, menasionalisasi aset-aset dibawah kontrol rakyat. Ketiga, mengadili mafia-mafia migas. Muhammad Fajrus Shodiq, selaku Gubernur BEM FISIPOL UMY mengatakan bahwa aksi tersebut sebagai bentuk menyadarkan kepada masyarakat Indonesia khususnya masyarakat yang berada di sekitar UMY untuk bersama-sama menolak kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga BBM. “Aksi ini sesungguhnya tidak hanya mewakili mahasiswa, namun sebagai bentuk penyadaran kepada masyarakat agar tidak sepenuhnya percaya akan pemberitaan di media mengenai pengalihan isu kenaikan harga BBM,” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Shodiq bahwa aksi tersebut juga menuntut pemerintah untuk memberikan kejelasan mengenai pengalihan subsidi BBM, serta menuntut kepastian dan keadilan pemerintah terhadap masyarakat. “Kami disini menuntut pemerintah untuk melakukan transparansi pengalihan dana subsidi, yang mana sejauh ini belum ada kejelasan dari pemerintah,” tambahnya.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari pihak kampus dengan adanya aksi damai ini. (ADM/BRY/FRT)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar