KKL Media: Yuk Bersafari, Intip Dapur Redaksi



Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Media yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers dan Penerbitan Mahasiswa (LPPM) Nuansa berjalan dengan baik tanpa kendala. Acara ini merupakan salah satu dari sekian program kerja Nuansa yang telah berlangsung pada tanggal 17-20 November kemarin. Peserta KKL dari berbagai jurusan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sangat antusias mengikuti serangkaian kunjungan dari media satu ke media lainnya. Terbukti saat banyak peserta aktif melakukan sesi tanya jawab ketika forum diskusi dimulai. Media yang menjadi sasaran kunjungan oleh peserta diantaranya; Republika online, Kompas, Net TV, KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) dan SCTV. 


Sesuai tema yang diusung “Menilik Dapur Dibalik Media Tersaji”, peserta merasakan bagaimana ‘dapur’ redaksi dijalankan sebelum ‘bahan baku’ yang tersebut disajikan dan dikonsumsi oleh publik atau khalayak umum. Pernyataan ini dibenarkan oleh salah satu peserta KKL media, Sulis. “KKL Media ini memberikan pengetahuan bagi kita, khususnya saya yang juga berkecimpung dalam pers kampus”. Tak heran apabila media yang bersangkutan merasa senang dikunjungi, melihat rasa ingin tahu peserta cukup tinggi. 


Setiap media baik cetak maupun elektronik menjelaskan kriteria dan indepedensi yang dimilikinya. Puluhan peserta mencermati tentang materi yang disampaikan. Dari tiap kunjungan media ada hal menarik yang selalu didiskusikan bersama peserta, yaitu integritas wartawan. Perkembangan pers sebagai industri dan makin meningkatnya intensitas persinggungan antara idealisme dan bisnis pers akhir-akhir ini.

Tak hanya ‘melulu’ membahas soal jurnalistik, tetapi peserta KKL juga dihibur oleh kekocakan host papan atas, Vincent dan Desta dalam program Tonight Show. Mereka menghadirkan beberapa bintang tamu seperti, Putri Ayu, Abimanyu, dan Indra Bekti. “Acaranya menghibur karena kita bisa melihat dan mendengarkan langsung suara emas Putri dan mas Abimanyu. Krunya juga friendly dan professional. Tidak hanya itu saja, saya sendiri jadi tahu bagaimana behind the scene suatu program saat memberi hadiah kuis seperti yang dilakukan oleh Indra Bekti tadi,” lugas Isnaini Permata Hati, Hubungan Internasional 2013.

Ketua panitia penyelenggara KKL media, Cadika Bonanda Fitriani berharap, KKL dapat mengembangkan UKM LPPM Nuansa sebagai pers kampus dan tentunya secara pribadi menjadi motivasi apabila tantangan seorang jurnalis dimasa akan datang tidak mudah. “Semoga peserta juga memiliki gambaran bagaimana industri media Nasional dan ilmu baru tentang jurnalistik dari kunjungan media kemarin,” ungkapnya. (FMP)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. tampilan baru nya kece gan (y), trus berevolusi moto nya "always better than before!!", btw foto ane dimana yaa ?? :v :D

    BalasHapus