Tebak Kepribadian Orang lewat Tulisan Tangan





Manusia sebagai makhluk sosial sudah tentu memerlukan adanya interaksi dengan individu lain. Namun, hal ini akan terasa susah untuk dilakukan jika masing-masing individu tidak bisa memahami karakter satu sama lain. Untuk itu sangat penting bagi seseorang mengetahui kepribadian orang lain agar bisa menjalin relasi dengan baik. Hal inilah yang disampaikan oleh Ahli Graphologi, Rina Werdayanti dalam seminar yang diselenggarakan oleh Socio Press dengan tema “Graphology : Mengintip Kepribadian Melalui Tulisan Tangan” di Gedung AR. Fakhrudin B lt.5 UMY, Selasa (14/10).


Menurut Rina, alam bawah sadarlah yang memengaruhi bagaimana kita menulis. Jadi, penilaian kepribadian seseorang melalui tulisan tangan memiliki tingkat validasi yang cukup tinggi yakni 95%. “Dibandingkan dengan tes kepribadian yang lain, graphologi cenderung lebih unggul karena tes kepribadian ini tidak memerlukan waktu yang cukup lama namun hasilnya akurat,” tambahnya.

Rina memaparkan beberapa teknik untuk melihat kepribadian seseorang lewat tulisan seperti tulisan yang margin atasnya sempit hal itu menandakan bahwa ia menganggap siapapun setara dengannya. Orang tersebut cenderung tidak melihat jabatan atau perbedaan pangkat lawan bicaranya. Sebaliknya, seseorang dengan tulisan tangan yang margin atas lebar menandakan seseorang itu cenderung berpikir akan pangkat atau jabatan lawan interaksinya. Jadi dia lebih memperhatikan unggah-ungguh ketika bergaul dengan seseorang yang jabatannya lebih tinggi. 

Selain lewat margin tulisan, penilaian kepribadian juga dilihat lewat ukuran huruf. “Tulisan dengan ukuran huruf besar menggambarkan orang yang suka mengekspresikan diri. Sedangkan tulisan dengan ukuran huruf kecil menandakan orang itu mampu berkonsentrasi dalam rentang waktu yang relatif panjang,” ujar Rina.


Seminar yang diselenggarakan oleh Socio Press yang merupakan lembaga pers di bawah naungan BEM Fisipol UMY berjalan dengan sangat apik. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme para peserta seminar. “Acaranya bagus banget. Aku jadi tahu gimana sih cara nilai kepribadian orang biar nantinya aku bisa lebih baik lagi dalam bergaul. Gak nyesel deh ikut acara ini,” tutur Amel dari jurusan EKPI tahun 2013. (Bila & Bryan)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar