Pohon Itu Bernama Nuansa



Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Jurnalistik Lembaga Pers dan Penerbitan Mahasiswa (LPPM) NUANSA Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tahun 2014 telah berhasil dilaksanakan pada tanggal 24 sampai dengan 26 Oktober 2014. Diklatsar tahun 2014 ini mengambil tema “Mengenal Nuansa, Mengenal Dunia” dan bertempat di Bumi Perkemahan Sinolewah, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari open recruitment yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu.

Tujuan diadakannya Diklatsar Jurnalistik ini adalah untuk mendidik dan memberikan pelatihan dasar bagi calon anggota LPPM NUANSA. Ibaratkan saja Nuansa itu adalah sebuah pohon yang nantinya akan tumbuh dan dipetik buahnya. Maka Diklatsar Jurnalistik ini adalah penanaman benih jiwa-jiwa jurnalis yang ideal dan bermental baja untuk kemudian dipupuk di lahan terbaik agar tumbuh akar yang kokoh”, ungkap Zulhilmi Hanif selaku Ketua Panitia Diklatsar LPPM NUANSA 2014.

Dia juga menekankan bahwa Diklatsar Jurnalistik ini memiliki tujuan besar yaitu untuk melatih mental jurnalis muda, sehingga ketika nanti terjun ke lapangan tidak ada kata mengeluh atau sebagainya yang bisa mengganggu kegiatan kejurnalistikan dan Diklatsar Jurnalistik ini jangan sampai dimaknai dari segi teknisnya saja oleh para calon anggota LPPM NUANSA yang mengikuti Diklatsar in.

Salah satu acara dalam serangkaian Diklatsar ini adalah outbond yang dirancang sedemikian rupa dengan tujuan untuk mengenalkan LPPM NUANSA kepada seluruh calon anggota. Dalam kegiatan outbond ini terbagi beberapa pos dengan jumlah sebanyak lima pos yang merepresentasikan Badan Pengurus Harian dan empat divisi yang terangkum dalam struktural LPPM NUANSA. Disetiap posnya diadakan permainan yang menyimulasikan tugas dari divisi-divisi tersebut. Selain mengenalkan struktur LPPM NUANSAoutbond ini juga bertujuan untuk melatih kerjasama dan kekompakan antar calon anggota.

Diacara yang sama, Muhammad Abdul Qodar selaku Pimpinan Umum LPPM NUANSA menyampaikan harapannya kepada calon-calon jurnalis muda LPPM NUANSA. “Diharapkan mereka tetap loyal dan bertanggung jawab kepada LPPM NUANSA, berproses bersama LPPM NUANSA, dan menjadikan LPPM NUANSA lebih baik lagi kedepannya”. (BRY)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar