SEAKATEN#2: “Talk Less Hentikan Rokok and Do More Cintai Budaya Indonesia”

Mahasiswa yang mengikuti Aksi dalam Long March
Menghentikan budaya merokok memanglah bukan pekara mudah.  Berbagai penyuluhan tentang bahaya merokok dan peringatan keras di setiap bungkus produk rokok semua merek, tetaplah tumpul untuk memangkas jumlah perokok aktif di Indonesia. Dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Student English Activity (SEA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang bekerjasama dengan Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) menggelar acara SEAKATEN#2 sebagai ajang untuk mengurangi kepulan asap rokok. Acara ini bertempat di Monumen Serangan Umum I Maret, Ahad pagi (1/6).
Flashmob Bersama Panitia SEAKATEN#2 dan Peserta Long March
SEAKATEN#2 yang juga menyajikan berbagai pertunjukan tarian dari Sabang hingga Merauke ini merupakan plesetan dari budaya asli Yogyakarta yaitu skatenan’. Dibuka dengan acara Long March dari Purawisata hingga kawasan Monumen Serangan Umum I Maret sekaligus diikuti aksi dari perwakilan mahasiswa Yogyakarta yang tergabung dalam Komunitas Jogja Sehat, perwakilan pelajar SMA beserta Duta Anti Rokok MTCC. Aksi yang dilakukan diantaranya adalah dengan bertindak langsung memberikan edukasi tentang bahaya rokok dan menghimbau agar mematikan rokok bagi warga yang merokok di sepanjang JL Malioboro, serta membaca dan menandatangani petisi anti rokok.

Arlita selaku ketua panitia SEAKATEN#2 menyampaikan bahwa acara ini memiliki tujuan untuk mengajak para warga dan pemuda untuk menghentikan budaya buruk merokok dan lebih mencintai budaya Indonesia. “Dengan acara ini kita ingin menyampaikan bahwa kita bisa menghentikan budaya buruk merokok. Lebih baik kita menjunjung budaya cinta tanah air, dan inilah yang menjadi pegangan anak-anak SEA, ungkapnya.

Acara pembukaan SEAKATEN#2 dihadiri pula oleh Dimas Diajeng Sleman yang memberikan dukungan terhadap upaya anti rokok serta Hifdzi Khoir, Kontestan Stand Up Comedy Indonesia Season 4 (SUCI4) yang turut memeriahkan acara SEAKATEN#2 ini.
Pertunjukan Tari Daerah dalam Malam Puncak SEAKATEN#2
Rangkaian acara berlanjut hingga malam dan diisi dengan pagelaran budaya yang menampilkan pertunjukan tari daerah dari Sabang sampai Merauke. Dibawakan oleh 20 penampil yang berasal dari perwakilan mahasiswa UMY, acara ini berhasil menyedot perhatian warga sekitar termasuk turis-turis asing yang sedang berwisata di kawasan Malioboro.

Arlita juga berharap acara SEAKATEN#2 tetap dapat berlanjut pada tahun-tahun selanjutnya. “Insya Allah, acara ini akan hadir lagi tahun depan dengan konsep yang berbeda. Dan saya juga optimis untuk budaya baru Indonesia yang bebas rokok,” pungkasnya.  (Wahyunanda)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar