Pemimpin Baru, Semangat Baru


 

Nuansa Online, - Tak terasa tinggal beberapa minggu lagi kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, kembali menyelenggarakan perhelatan politik pesta demokrasi Pemilihan Umum Raya atau yang lebih dikenal dengan istilah PEMIRA UMY. PEMIRA kali ini agak berbeda dengan konsep PEMIRA sebelumnya, pada tahun 2013 yang lalu mahasiswa diharuskan memilih melalui dua tahap yakni, pemilihan DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) terlebih dahulu kemudian disusul dengan pemilihan Presiden. Akan tetapi tahun 2014, dengan lahirnya Undang-undang KM UMY nomor 2 tahun 2013 tentang PEMIRA UMY, konsep PEMIRA mengalami perubahan yang signifikan yakni, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta DPM dilaksanakan secara serentak. Dengan adanya perubahan tersebut diharapkan memberikan semangat baru untuk memilih pemimpin baru sebagai perpanjangan tangan atau penyambung lidah mahasiswa UMY.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta layaknya sebuah negara dengan jumlah mahasiswa berkisar 18.000 tentunya tidak jauh berbeda dengan beberapa negara demokrasi di dunia seperti Nauru yang hanya memiliki penduduk berkisar antara 11.000-12.000 saja mampu melaksanakan demokrasi dengan sukses. Namun kemudian yang menjadi pertanyaan adalah, MAMPUKAH UMY MENYUKSESKAN PESTA DEMOKRASI TAHUN INI DENGAN TINGKAT APATISME YANG RENDAH? 

Ketika dilihat dari segi pengetahuan, mahasiswa selama ini dianggap sebagai kaum terdidik, pemilih rasional, dan memiliki idealisme yang sangat tinggi dalam hal menentukan pemimpinnya. Maka dari itu tahun ini diharapkan mahasiswa UMY mampu memilih pemimpin baru yang mempunyai semangat baru sesuai dengan harapannya masing-masing.

PEMIRA UMY tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2014 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil oleh seluruh mahasiswa aktif UMY dengan sistem “One Man One Vote”. 

Perubahan ada tangan teman-teman sekalian, jangan hanya diam! Mari bersama-sama turun tangan dan meluangkan waktu untuk memilih pemimpin baru, untuk semangat baru demi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang lebih baik! 

KOMISI ADVOKASI KPU KM UMY
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 comments:

  1. wah keren ilustrasinya, siapa yg bikin ni ??

    BalasHapus
  2. padahal kemaren UMY demo tolak pemilu nasional loh
    sekarang malah menyelengarakan pemilunya itu sendiri
    ibarat orang menelan Ludahnya sendiri

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Setahu saya bukan UMY-nya yang menolak. Tetapi oknum-oknum tertentu saja yang berada didalam kampus UMY yang menolak diadakannya pemilu. Jadi, bukan lagsung dari UMY-nya yang menolak.

    BalasHapus