Cara Menghilangkan Kantung Mata



(sumber: google.com)
Kantung mata yang sering disebut mata panda memang menyebalkan. Mata berkantung, lingkaran hitam, kerutan halus di bawah mata, atau mata yang turun, merupakan tanda kulit sedang mengalami proses penuaan. Karena itu, tak heran bila seorang bisa terlihat lebih tua dibanding usia sebenarnya gara-gara problem di sekitar mata tadi.

Anda tidak perlu melakukan operasi untuk mempercantik mata Anda. Menurut ketua dermatology dan cosmetic surgery dari Sinai Medical Center, New York, AS, Ellen Marmur, MD, problem kulit di seputar mata sebenarnya berawal dari noda kecil yang tidak dirawat.

Kantung mata, menurut Marmur, merupakan bagian dari proses penuaan. “Secara alami ada lemak di bagian bawah mata yang diikat oleh ligamen. Nah, makin lama ligamen ini akan melemah sehingga lemak terdorong dan menumpuk di bawah mata, sehingga terlihat seperti kantung,” paparnya.
Selain faktor penuaan, masalah di sekitar mata juga bias disebabkan karena faktor keturunan dan gaya hidup. “sering begadang, terlalu banyak makanan yang asin, kurang minum, dan jarang berolahraga akan membuat kulit kehilangan elastisitas, termasuk di sekitar mata,” kata Marmur.

Resep Alami
Selain kosmetik modern, sebenarnya banyak resep kecantikan alami untuk mengatasi problem kulit di mata. Yang paling popular adalah mengompres area mata dengan kantong teh celup yang dibekukan, irisan timun, atau es batu. “untuk sementara, bahan-bahan itu memang bisa mengatasi bengkak di bawah mata,” kata Marmur.

Ahli dermatologi Audry Kunin, dalam bukunya The DERMAdoctor Skinstruction Manual, mengatakan teh hijau bisa jadi solusi untuk menyingkirkan kantung mata. Kandungan senyawa anti inflamasi, yang disebut EGCG, yang terdapat dalam teh hijau bisa mengurangi cairan yang menyebabkan mata terlihat sembab. (Bila)  
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. Mantap.. kalau bsa buat k depany afa wawancra dri doktr fkik umy/dosen... wawncr dosen sesuai tema tuk perkaya tulisan.. smg sukses jurnalis nuansa umy.

    BalasHapus
  2. yoi gan.. keren gan... trimakasih gan :D :v

    BalasHapus