Antusiasme Mahasiswa FAI dalam Pemira UMY



Nuansa Online - Pemungutan suara dalam rangka pemilihan umum raya (PEMIRA) UMY digelar serentak di seluruh fakultas di UMY. Dari tujuh TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang ada, TPS Fakultas Agama Islam (FAI) menjadi salah satu TPS yang tak pernah sepi oleh pemilih. Antusiasme mahasiswa FAI dalam pemilihan DPM dan presiden yang dilakukan serentak kali ini sungguh luar biasa. "Antusiasme mahasiswa FAI dalam pemungutan suara kali ini lumayan cukup tinggi. Ini di luar dugaan saya," ucap ketua KPPS TPS 5 (TPS FAI), Salwa Aulia (Kamis, 22/05).

Antrian panjang sempat terjadi dari sekitar pukul 10.00 hingga menjelang dzuhur. Petugas KPPS sempat kewalahan menangani banyaknya mahasiswa yang antri. Di samping itu di TPS 5 juga mengalami sedikit kendala dengan DPT (Daftar Pemilih Tetap). Ada beberapa mahasiswa yang belum tercantum dalam DPT sehingga mahasiswa yang belum terdaftar harus melakukan log in ke KRS dan mengisi surat pernyataan. 

Kendala lain adalah sempat ada beberapa perubahan dalam syarat registrasi pemilih. Sejak awal KPU telah menetapkan syarat mencoblos adalah mahasiswa harus membawa KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang masih berlaku atau slip pembayaran. Namun yang terjadi di lapangan banyak mahasiswa yang menggunakan KTM lama dan ada beberapa juga yang tidak membawa KTM maupun slip pembayaran yang akhirnya tetap diperbolehkan mencoblos setelah beberapa kali berkonsultasi dengan KPU, asalkan mahasiswa tersebut tercantum dalam DPT. Akan tetapi semua dapat diatasi dengan baik dan tidak ada kendala teknis yang berarti.

Dari surat suara yang disediakan masing-masing 700 untuk surat suara DPM dan Presiden, tersisa maing-masing 121 surat suara yang tidak terpakai yang berarti sebanyak 579 mahasiswa FAI telah menggunakan hak pilihnya. Meski sempat mengalami beberapa kendala pemungutan suara di TPS FAI tetap berjalan aman dan tertib. (Denis)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar