Lomba Karya Tulis : Gebyar Agriculture Season #3


NO, UMY - Sebagai negara agraris, Indonesia belum mampu mencapai kemajuan di bidang pangan.Menjawab persoalan tersebut Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali mengadakan agenda tahunan Gebyar Agriculture yang ke tiga dengan tema “kepedulian generasi muda dalam upaya realisasi ketahanan pangan indonesia”.Kegiatan ini berlangsung pada hari jumat,(7/03) dan di lanjutkan esok harinya sabtu,(8/03) di gedung F4, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Seperti di tahun sebelumnya, Gebyar Agriculture kembali dengan Lomba karya tulis ilmiah yang melibatkan siswa-siswi SMA sederajat.Selain dari SMK Negeri 7 Yogyakarta, adapun peserta lain yang dari luar Yogyakarta yaitu, SMA 1 Bawang, SMA Negeri 2 Wonosobo, Madrasah Aliyah Negeri Tambak Beras Jombang, dan Madrasah Aliyah Kebumen.

Teguh Purnama, selaku ketua pantia Gebyar Agriculture mengatakan,ada 16 peserta yang terdaftar, setelah pendaftaran di tutup, kemudian karya peserta di seleksi Tim panitia, peserta yang lolos akan masuk ke babak final.Setelah itu panitia mengundang peserta untuk mempersentasikan karya ilmiahnya di universitas muhammadiyah yogyakarta.” Yang di lombakan 16 karya tulis, namun setelah di seleksi yang masuk ke babak final, tinggal 8 karya tulis ilmiah”.Katanya, sabtu,(8/03).Teguh menambahkan, dalam tahap seleksi karya Tulis harus lebih mengerucut ke ketahanan pangan, dan diservikasi pangan.

Selain berinovasi dalam masalah pangan, di dalam karya tulis peserta juga mencoba untuk menindak lanjuti produk menjadi barang layak jual di masyarakat agar nantinya dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru di bidang kewirausahaan.Seperti karya Tulis dari SMK Negeri 7 Yogyakarta yang berjudul “pemanfaatan Asoca menjadi Minuman Berkhasiat Sebagai Inovasi Dalam Terciptanya Lapangan Kerja”.Muslifah Iswandari , salah satu anggota keolmpok dalam karya tersebut mengatakan, tanaman asoca selain menjadi tanaman hias, manfaatnya sangat tinggi untuk kesehatan.”Khasiat, dari minuman yang terbuat dari tanaman asoca ini yaitu, penenang rahim dan penyembuhan penyakit wasir”,Ungkap Muslifa. Ir.Agus Nugro setiawan, dalam sambutannya sekaligus menutup Acara presentasi karya tulis, mengatakan apa yang dirintis peserta dalam Gebyar Agriculture sangat luar biasa.”Kami berharap, Karya bukan hanya untuk memenuhi persyratan saja.Tapi, dapat di kembangkan secara berlanjut di lingkungan masyarakat”.Katanya,sabtu,(8/03).

Gebyar Agriculture berakhir dengan pengumuman pemenang Lomba karya tulis, Juara 1 di terima oleh SMA Negeri 3 Magelang dengan Judul “Tatik Gendong Sebagai Upaya Diservikasi Pangan Yang Bernilai Gizi Tinggi”.Juara dua di raih Madrasyah Aliyah Negeri Tambak beras Jombang,dengan Judul Karya tulis “Cang Jalu (secang jahe falkers ubi ungu) Sebagai Upaya Diservikasi Minuman Kesehatan Berbasis Kearifan Lokal”. Dan juara 3 di peroleh SMK Negeri 7 Yogyakarta dengan karya “Pemanfaatan Ubi Talas Menjadi Kue Guna Terciptanya Lapangan Usaha Baru”.(Idra)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar