Nuansa Kabar Januari 2014 : Apa sih yang ada di dalamnya?

         Dinobatkannya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai PTS terbaik ke-empat se-Indonesia versi 4ICU pada tahun 2012, sudah menjadi sorotan pelbagai pihak. Terbukti dengan banyaknya para orang tua yang mempercayakan anak-anaknya untuk mengenyam pendidikan di kampus tercinta menunjukkan bahwa UMY merupakan salah satu Universitas Swasta terbaik di Indonesia 

         Namun pada kenyataannya dari lonjakan jumlah penerimaan mahasiswabaru UMY sejak tahun ajaran baru 2013/2014 menjadi awal dari beberapa permasalahan di kampus tercinta. Pada tahun 2013, pertambahan mahasiswa baru UMY tercatat sebanyak 6.300 mahasiswa. Sedangkan, pada tahun 2012 lalu jumlah mahasiswa baru tercatat hanya sekitar 4800 mahasiswa, dan pada 2011 sekitar 3.200 mahasiswa.

        Sarana prasarana serta fasilitas kampus menjadi sorotan utama mahasiswa UMY di tengah terjadinya lonjakan jumlah mahasiswa baru tahun 2013. Diantaranya lahan parkir yang terbatas kini menjadi keluhan hampir seluruh mahasiswa yang memiliki kendaraan, khususnya kendaraan bermotor. Selain itu, adanya fakultas yang melaksanakan perkuliahan di luar kampus terpadu yakni, Fakultas Pendidikan Bahasa (FPB) yang menjalankan perkuliahan di Unires Putri UMY dan prodi Farmasi (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan) yang menempati di  Gedung Asri Medical Center (AMC) sejak semester ganjil tahun ajaran 2013-2014, juga berdampak kepada banyaknya keluhan mahasiswa.

Cover depan Nuansa Kabar Edisi Januari 2014


         Disisi lain, terlihat bahwa jumlah penerimaan mahasiswa tahun 2013 yang melonjak hingga angka enam ribu ini merambat kepada keterbatasan akses internet oleh mahasiswa di lingkungan kampus. Bahkan sejak tahun ajaran baru kemarin, dirasakan sangat sulit untuk mendapatkan koneksi internet melalui Wifi kampus demi menunjang berbagai tugas perkuliahan. Dalam edisi kali ini, kami juga membahas perihal mengenai gedung pascasarjana yang kini sedang dalam proses pembangunan, serta setelah selesai dalam pembangunannya diperuntukkan kepada siapakah penggunaan gedung pascasarjana kelak? Dan bagaimana tanggapan dari pihak kampus terkait dengan permasalahan diatas? Dari bertambahnya jumlah mahasiswa UMY pun tidak lepas dari berbagai kekurangan yang harus diperbaiki, hal ini dirasa penting dilakukan demi mempertahankan kualitas dari Universitas itu sendiri. Diharapkan pada 2014 ini UMY dapat segera merealisasikan beberapa perbaikan fasilitas yang ada demi peningkatan kualitas kampus yang lebih baik lagi.





Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. sangat kreatif dan sesuai aspirasi mahasiswa,, untuk kedepannya lebih menarik lagi pembahasannya kriteria mahasiswa kreatif dan pasif, serta kriteria dosen yang inspiratif dan menyebalkan.. dan lebih bagusnya lagi ada survey untuk dosen inspiratif bagi mahasiswa.. semoga nuansa berjaya..

    BalasHapus