SOCIAL DAY KOMAP: MEMBANGUN BUDAYA SOSIAL


NO- Membiasakan terjun ke masyarakat adalah penting adanya bagi mahasiswa untuk mengerti kehidupan bermasyarakat. Karena mahasiswa merupakan generasi perubahan yang berperan aktif dan peduli terhadap masyarakat dengan berbagai masalah di dalamnya. Social Day menjadi salah satu upaya untuk membangun budaya sosial mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY

Hal itu disampaikan oleh Singgih Wijarnako, ketua panitia Social Day saat ditemui di lokasi acara (1/12) Dusun Ngebel, Kasihan, Bantul. Social Day merupakan agenda tahunan Korp Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (KOMAP) yang bertujuan untuk meningkatkan dan membangun kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat dengan cara terjun langsung ke dalam masyarakat, “mahasiswa diharapkan dapat membiasakan diri dengan kondisi masyarakat dan peduli terhadap lingkungan”, tutur mahasiswa semester tiga ini. Acara yang diikuti sebanyak 350 mahasiswa IP 2013 dari 9 kelas tersebar di 9 RT Dusun Ngebel Kasihan Bantul. Acara yang memerlukan waktu persiapan 1,5 bulan ini memilih lokasi Ngebel, Kasihan Bantul karena lokasi yang dekat dengan kampus, mengingat jumlah peserta yang cukup banyak. 

Social Day dimulai pada pukul 07.00 dengan sebelumnya dibuka oleh Kepada Desa setempat dan panitia yaitu KOMAP di pelataran gedung Fisipol UMY. Beberapa acara diselenggarakan oleh 9 kelas antara lain, bersih desa, senam bersama, bazar sembako murah, lomba mewarnai untuk anak dan hiburan. Masing-masing kelas menjadi konseptor acara di masing-masing tempat yang telah ditentukan oleh panitia. Pemerolehan dana untuk penyelenggaran kegiatan ini menjadi tanggung jawab masing-masing kelas, “pemerolehan dana menjadi kebijakan kelas dan panitia tetap menjadi fasilitator pelaksanaan kegiatan dari masing-masing kelas”, tutur Singgih. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan dana, salah satu kelas adalah dengan berjualan bunga untuk mendapatkan tambahan dana untuk acara tersebut. 

 
Acara yang berakhir pada pukul 16.00 ditutup di pelataran Gedung Fisipol dengan penyerahan kenang-kenangan dari panitia. Melalui acara ini mahasiswa dapat membiasakan diri untuk terjun ke dalam masyarakat untuk mengetahui dinamikan sosial di dalamnya, “ mahasiswa Ilmu Pemerintahan diharapkan dapat berbaur dengan masyarakat untuk menciptakan rasa kepedulian dan peka terhadap lingkungan”, harap Singgih.

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar