Semangat Perubahan di Tahun Baru Islam

Ma'mun Affany dalam Gema Muharram (2/12)
NO-Acara Gema Muharram 1335 yang di delenggarakan BEM FISIPOL UMY resmi ditutup dengan seminar yang dihadiri Ma’mun Affani penulis buku ‘Kehormatan dibalik Kerudung’ sebagai pembicara, bertempat di lantai dasar masjid, pada Senin (2/12). 
Dalam seminarnya tersebut, Affani menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia masih banyak yang belum tahu tentang bulan-bulan hijriyah dan belum banyak yang tahu tentang peristiwa yang melatarbelakangi pembuatan kalender Hijriyah. Ma’mun juga menambahkan bahwa Kata Hijriyah selalu disandingkan dengan Kata Jihad dan Sabar karena menurutnya saat kita melakukan jihad akan mendapatkan banyak tantangan dari banyak sisi dan itu membutuhkan kesabaran. 

“kata-kata Hijriyah selalu di sandingkan dengan kata-kata jihad, namun ada satu kata lain yang disandingkan setelah jihad yaitu sabar maka dari itu jihad selalu di sandingkan dengan sabar, karena berjihad harus dengan kesabaran.” Imbuhnya. 

Acara seminar ini merupakan acara puncak dari rangkaian acara Gema Muharram 2013. Acara yang berlangsung dari tanggal 20 November tersebut memperebutkan 14 nominasi dan diikuti oleh 100 peserta baik dari santri TPA, pelajar dan mahasiswa. Menurut Mufti salah satu peserta yang mengikuti lomba Adzan dan Tilawah acara ini sudah bagus dan menarik karena peserta berasal tidak hanya dari pelajar sekolah namun ada juga yang dari mahasiswa, “yah acara ini sudah bagus, cukup menarik karena ada mahasiswa juga” kata pelajar dari Madrasah Mu’allimin tersebut.

Semangat Perubahan menjadi tema yang di angkat dalam Gema Muharram tahun ini. Sovi mengungkapkan mengapa tema ini yang diangkat dalam acara Gema Muharram tahun ini, karena setiap tahun semua manusia mengalami perubahan menuju arah yang positif.“Tema semangat perubahan ini mewakili harapan bahwa manusia setiap tahunnya akan berubah lebih baik, dan pastinya ke arah yang lebih positif”. Ungkap Sovi selaku panitia penyelenggara Gema Muharram ini. (THON/IO)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar