MAPALA dan HIMAKAGI UMY Adakan Penyuluhan Kesehatan Gigi




Mahasiswa HIMAKAGI sedang memperagakan bagaimana cara menggosok gigi yang baik (1/12)

Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi (HIMAKAGI) UMY adakan acara Penyuluhan Kesehatan Gigi di Panti Asuhan Bina Siwi Pajangan, Minggu (1/12). Kegiatan yang juga mengundang anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk ikut berpartisipasi ini bertujuan untuk membantu anak-anak asuh panti asuhan Bina Siwi dalam memahami pentingnya menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi. 

Ibu Jumilah selaku pengurus panti asuhan Bina Siwi mengatakan bahwa penting bagi anak – anak panti yang mana sebagian besar merupakan anak berkebutuhan khusus (ABK) ini untuk mengetahui pentingnya menjaga kesehatan gigi, salah satunya seperti yang dilakukan oleh mahasiswa HIMAKAGI UMY dengan memperagakan bagaimana cara juga waktu yang benar untuk menggosok gigi, serta makanan-makanan apa saja yang bisa membuat gigi berlubang.

 “Beberapa anak masih sulit untuk diajak menggosok gigi pada waktu sebelum tidur dan mandi, untungnya mbak dan mas dari Kedokteran Gigi UMY dan MAPALA bisa menerangkan secara langsung ke anak-anak tentang bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan menggosok gigi yang baik“ terangnya.

Anak-anak Panti Asuhan Bina Siwi bersama HIMAKAGI UMY
Dalam acara penyuluhan yang dilakukan secara langsung kepada anak-anak panti asuhan ini Dyah Ayu mengungkapkan bahwa masih ada serangkaian acara tindak lanjut dari penyuluhan kesehatan gigi yang akan dilakukan di panti asuhan Bina Siwi ini diantaranya adalah pemeriksaan gigi dan sikat gigi bersama.
“Setelah melakukan penyuluhan ini nanti untuk melihat perkembangan mereka insya Allah bulan depan dengan MAPALA kami akan datang kembali untuk melakukan pemeriksaan gigi dan sikat gigi bersama anak-anak panti asuhan Bina Siwi” ungkap ketua HIMAKAGI UMY ini saat ditemui setelah melakukan penyuluhan.

Hari, selaku anggota MAPALA UMY sekaligus koordinator dalam acara penyuluhan ini memaparkan bahwa selain bekerjasama dengan mahasiswa HIMAKAGI UMY, sebelumnya mereka telah rutin dalam membantu pihak panti dengan ikut mengajar rutin 3 kali dalam seminggu di panti asuhan Bina Siwi. “Sebelumnya kami juga sudah rutin mengajar di panti ini, diantaranya baca tulis, kesenian dan musik, juga mengaji” paparnya.

Hari juga menambahkan harapannya bahwa nanti teman-teman yang ada di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun mahasiswa UMY lainnya bisa ikut dalam berpartisipasi bersama MAPALA dalam kegiatan yang dilakukan di panti asuhan Bina Siwi ini. “Teman-teman yang lain nanti juga bisa berpartisipasi dengan ikut mengajar rutin ataupun ikut dalam rangkaian acara penyuluhan selanjutnya” imbuhnya. (Echo/Thari)




Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Hal yang sangat positif dan tentunya masyaratkat akan lebih tahu akan kesehatan gigi. . .good jobb !!
    Obat Herbal Diabetes Melitus

    BalasHapus