Jelang GPMB, Drum Corps UMY Ikuti Jogja Marching Concert

Drum Corps UMY dalam Jogja Marching Concert (14/12)
No- Dalam rangka Konser Pamit menjelang acara Grand Prix Marching Band (GPMB) yang akan diadakan di Istora Senayan pada tanggal 27 sampai 29 Desember 2013, Drum Corps Universitas Muhmmadiyah Yogyakarta (UMY) ikuti Jogja Marching Concert (JMC) yang diselenggarakan oleh Keluarga Besar Marching Band Yogyakarta (KBMBY). Bertempat di gedung Sportorium UMY pada Sabtu malam, (14/12).
Acara yang dibuka dengan penampilan Marching Band Saraswati tersebut disambut dengan meriah oleh penonton dari berbagai universitas. JMC kali ini diramaikan oleh Drum Corps UMY, Marching Band UPN, Marching Band CDB UNY, Marching Band Atma Jaya, Marching Band UII, Marching Band UGM, serta Marching Band Saraswati dari ISI yang terangkum dalam ikatan Keluarga Besar Marching Band Yogyakarta (KBMBY).
Maulidia, salah satu anggota Drum Corps UMY memaparkan bahwa JMC kali ini diikuti oleh 7 Marching Groups yang mana 5 diantaranya akan mengikuti GPMB pada 26 Desember mendatang. JMC yang diadakakan di UMY tahun ini juga merupakan hal yang baru bagi mereka yang kini telah tergabung dalam KBMBY. Salah satu hal pendorongnya karena adanya ikatan Keluarga besar antar Marching Band di Yogyakarta yang terdiri dari 7 kelompok Marching dari 7 universitas di Yogyakarta.
“dulunya, konser pamit biasanya hanya diadakan di tiap universitas yang akan mengikuti GPMB. Tapi sejak terbentuknya KBMBY, kita berinisiatif untuk mengadakan satu acara tahunan yang mana melibatkan semua grup marching yang akan berangkat mengikuti GPMB. Dan kali ini Atmajaya dan UPN tidak ikut namun tetap tampil dalam JMC” paparnya.
Maulidia juga menambahkan bahwa dalam GPMB yang diikuti oleh 24 Band dari seluruh Indonesia nanti, Drum Corps UMY angkat tema Peringatan Tsunami Aceh yang bertepatan dengan Tsunami Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004 silam.
“berhubung GPMB kali ini bertepatan dengan hari peringatan Tsunami 2004, kami mengusung tema remember tsunami yang mana sekaligus mengingatkan seluruh teman-teman yang ada di Indonesia tentang kejadian Tsunami Aceh” imbuhnya.
Maulidia mengungkapkan harapannya terkait keikutsertaan Drum Corps dalam GPMB mendatang, yang mana pada 2 tahun silam Drum Corps UMY berhasil meraih peringkat ke-8 dalam GPMB 2011.
“selama ini, kita telah berusaha dari tahun kemarin. Dan harapan kami semoga dalam GPMB kali ini kita diberi kelancaran hingga hari terakhir dan juga hasil yang maksimal“ pungkasnya. (Echo/Thari)


Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar