IPOLS UMY Ajarkan Kedisiplinan lewat LDK

NO- Dasar Kepemimpinan bukan sekedar teori  yang di berikan oleh dosen kepada mahasiswa dalam perkuliahan. Seperti halnya dengan prodi Internasional Politic Law Syariah (IPOLS) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) UMY adakan training Latihan Dasar Kepimipinan dan Kedisiplinan bagi Mahasiswa IPOLS angkatan 2013 yang dibuka dengan upacara pembukaan di lapangan bintang UMY, Sabtu (14/13).
Mahasiswa IPOLS 2013 berbaris dalam Latihan Dasar Kepemimpinan dan Kedisiplinan (14/12)
Alfian, Mahasiswa IPOLS angkatan 2013 selaku inspektur upacara pembukaan Latihan Dasar kepimipinan dan kedisiplinan yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini adalah upaya penanaman nilai-nilai dasar dari mata kuliah kepemimpinan islam yang mana dalam kegiatan ini akan dipraktekan secara langsung.
saya harapkan kepada teman-teman untuk mengikuti rangkaian pelatihan ini dengan baik, bersunguh-sungguh dan bijak karena disinilah kalian akan mempraktekkan secara langsung bagaimana memimpin dan berdisiplin.” Tuturnya.
Bondan, selaku ketua Resimen Mahasiswa sekaligus ketua Instruktur dalam acara ini, memaparkan mengenai beberapa hal terkait tentang materi yang akan diberikan dalam Latihan Dasar Kepemimpinan ini yang mana diantaranya adalah Peraturan Baris Berbaris (PBB), materi tentang penanganan medis secara praktis, juga Survival. Selain itu, ada sesi karantina bagi peserta dimana akan diberikan beberapa materi tambahan tentang kepemimpinan beserta praktiknya.
di hari petama ini, peserta akan di beri pengenalan tentang peraturan baris, selanjutnya ada materi Medis Praktis dimana peserta diajarkan bagaimana menangani situasi darurat seperti menangani orang yang cedera secara praktis, dan beberapa materi tentang kepemimpinan lain” paparnya.
Dalam rangkaian acara Pelatihan Kepemimpinan ini, peserta akan di berikan materi mengenai Bela negara oleh jajaran TNI, juga seputar permasalahan remaja oleh POLRI. Yang mana materi ini bertujuan untuk menambah wawasan kebangsaan, rasa nasionalisme serta pengendalian diri sebagai seorang remaja.
“selain itu, akan diberikan materi Bela Negara oleh TNI dan seputar permasalahan remaja oleh POLRI agar rasa nasionalisme mereka semakin melekat juga wawasan kebangsaan serta pengendalian diri kian bertambah” imbuh Bondan.
Bondan juga menyampaikan harapannya agar Pelatihan Kepemimpinan yang di lakukan oleh prodi IPOLS ini dapat juga dilakukan oleh prodi lain di UMY. “ penting sekali bagi mahasiswa untuk mendapatkan latihan dasar kepemimpinan secara praktis, saya harap nantinya dapat diadakan di prodi-prodi lain di UMY” (id)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Sekedar koreksi saja IPOLS (International Program for Law and Sharia) bukan International Politic Law Shariah. Syukron. Mohon di ganti untuk lebih baiknya.

    BalasHapus