Hari HIV-AIDS Sedunia : Jauhi Virusnya, Bukan Orangnya!



Gambar diperoleh dari google.com

NO - Hari HIV-AIDS yang jatuh pada tanggal 1 dan 2 Desember dimanfaatkan mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk mengadakan penyuluhan tentang HIV (Human Immuno-deficiency Virus) dan AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) ke setiap Fakultas di UMY, Senin(2/12).

“Penyuluhan ini dilakukan dalam rangka memperingati hari HIV AIDS se-dunia kemarin serta mengingatkan kembali kepada mahasiswa tentang bahaya dan cara penularan HIV AIDS tersebut” ungkap Wenning salah satu Mahasiswi FKIK saat memberi penyuluhan.
Disamping itu, penyuluhan ini juga sebagai upaya dalam meluruskan tentang rumor yang berkembang di masyarakat bahwa HIV AIDS dapat menular melalui berjabat tangan, berenang, berciuman.

“Sekarang banyak beredar rumor palsu tentang bagaimana penularan HIV-AIDS, seperti berjabat tangan, berenang, berciuman, itu sama sekali tidak bisa menularkan HIV AIDS. HIV-AIDS cuma bisa ditularkan lewat berhubungan seks, transfusi darah yang menggunakan jarum suntik secara bergantian dan ibu hamil pengidap HIV bisa menularkan kepada Janin yang dikandung” tambahnya.

Penyuluhan ini diadakan sebagai bentuk kerjasama antara FKIK, Muhammadiyah Medical Students Activities (MMSA) dan Jarimulya (Jaringan Muda Peduli HIV dan AIDS). Tidak hanya dengan acara penyuluhan, FKIK, MMSA dan Jarimulya juga mengadakan berbagai rangkaian acara lainnya, seperti pemutaran video penyuluhan HIV AIDS di lobi gedung C FKIK, Dance for Life, jalan santai dari Jalan Abu Bakar Ali sampai KM 0. Lalu pada acara puncak akan diadakan Volunter Conselling Test di Pukesmas 2 Kasihan, Bantul pada tanggal 5 Desember mendatang.

Sebagai bentuk kepedulian, juga dilakukan penyebaran brosur informasi tentang HIV AIDS dan sebuah pita merah. Diakhir wawancara, Wenning juga menyampaikan harapannya agar diskriminasi terhadap ODHA (Orang dengan HIV-AIDS) dapat dihilangkan dan diluruskan kembali pemahamannya tentang penularan virus HIV-AIDS. 

“Saya berharap dengan adanya penyuluhan ini mahasiswa bisa lebih tau dan peduli tentang bahayanya HIV AIDS dan tidak adanya diskriminasi terhadap orang yang terkena HIV AIDS.” Tandasnya. (THON / IO)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: