ORASI ILMIAH: TRADISI APRESIASI DOKTOR BARU



Dr.Ir.Widodo.M.I.(kiri), menyampaikan materi orasi ilmiah Fakultas Pertanian Umy di Gedung Ar.Fachrudin.(2/11).

NO - Peran   seorang  Doktor di sebuah fakultas   sangatlah penting. Selain menambah nilai akreditasi dan kualitas SDM di fakultas atau prodi yang ia  berada,  kontribusinya amatlah besar. Seperti halnya dengan  dosen prodi Agribisnis UMY Dr.Ir.Widodo.M.I yang telah menyelesaikan pendidikan doktornya di Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia memberikan materi dengan judul “Tinjauan Multifungsi Produk Pertanian’’ dalam Orasi Ilmiah Fakultas Pertanian UMY di  Gedung Ar.Fakhrudin, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Sabtu,(2/11).
Telah menjadi tradisi di Fakultas Pertanian tiap dosen yang baru selesaikan pendidikannya akan di apresiasi lewat orasi ilmiah ataupun seminar. "Acara ini adalah wujud dari apresiasi Dosen yang meraih doktor. Saya yakin lewat orasi ilmiah yang di berikan pak Widodo ini  dapat menularkan berbagai ilmu pengatahuan yang beliau dapat untuk kita semua" ungkap Dekan Fakultas Pertanian Ir.Sarjiyah Sumarlan,M.S dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara tersebut. Ibu Dekan juga mengharapkan Dr.Ir. Widodo.M.I dapat memberi motivasi bagi dosen di Fakultas Pertanian yang sedang menjadi kandidat  Doktor  dan yang belum melanjutkan.
Orasi ilmiah ini  di hadiri oleh seluruh dosen, staff  dan  mahasiswa Fakultas  Pertanian UMY. Dalam materi ‘’Tinjauan Multifungsi Produk Pertanian’’ berbagai hal Widodo kemukakan di hadapan Dosen dan Mahasiswa. Seperti, bagi kehidupan manusia produk pertanian mempunyai beragam fungsi. Karena produk pertanian sampai saat ini merupakan satu-satunya bahan pangan yang memberikan energi dan nutrisi kepada manusia untuk melangsungkan hidupnya. Selain itu Widodo juga mengkritik sikap masyarakat indonesia terhadap petani yang menganggap pekerjaan di dunia pertanian itu kotor dan tidak mempunyai kelas di kehidupan sosial, padahal petani telah membawa rasa aman ke pada masyarakat selain produknya yang menjadi penghilang rasa lapar.
"Materi ini ialah bentuk dari keberhatinan keluarga Fakultas Pertanian UMY terhadap kondisi petani yang masih terlilit kemiskinan’’ungkap Dr.Ir. Widodo.M.I saat diwawancarai oleh Nuansa. Selain itu Adha salah satu panitia orasi ilmiah Fakultas Pertanian UMY menilai materi yang di berikan Pak Widodo sangatlah penting.’’Beliau memberikan sistem kepada kita agar harus mempunyai sikap untuk menghargai produk lokal, dan jasa yang ada pada produk tersebut’’ungkapnya.(Id)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar