LPPM Nuansa Siap Adakan Diklatsar Jurnalistik XXVII (Release)


RELEASE - NO - Masih dalam suasana tahun ajaran baru, LPPM Nuansa sebagai organisasi pers mahasiswa UMY, mengadakan diklatsar (Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik Dasar) dalam rangka pengukuhan anggota baru. Diklatsar ini diberikan kepada anggota baru LPPM Nuansa, sebagai bentuk pengenalan awal tentang dunia jurnalistik. Rencananya diklatsar akan diadakan di daerah Parang Tristis selama tiga hari, pada tanggal 16-18 November 2013. 

Diklatsar ini adalah salah satu dari serangkaian tahapan untuk masuk dalam keanggotaan organisasi pers mahasiswa Nuansa. Setelah dilakukan open recruitment dengan membuka stan selama 1 minggu dan dilanjut dengan gelombang kedua selama 1 minggu melalui website, dari 80 pelamar, tersaringlah 40 anak yang akan mengikuti diklatsar besok sabtu 16 November 2013. Kegiatan ini akan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai fakultas di UMY, yang telah lolos dalam seleksi yang dilaksanakan dengan kompisisi penilaian 50% dari Interview, 20% kelengkapan data, dan 30% karya yang mereka buat. 

Inti dari diklatsar ini adalah pengenalan tentang Nuansa dan jurnalistik. Adapun materi diklatsar yang akan diberikan itu berasal dari pihak LPPM Nuansa sendiri seperti dari Tim redaksi dan Tim Alumni, serta beberapa pihak yang telah terkait kerjasama dengan LPPM Nuansa. Bentuk kerjasama yang dilakukan oleh LPPM Nuansa dengan pihak luar dalam pemberian materi seperti mendatangkan Dosen Ilmu Komunikasi Umy, Tim Tempo dan Tim Motivasi. Seperti yang disampaikan ketua panitia diklatsar Mega Oktarina (12/11), “Dalam pemberian materi diusahakan kerjasama dengan pihak luar Nuansa, seperti dari dosen ilmu komunikasi, alumni, tim Tempo dan tim motivasi. Intinya pengenalan tentang Nuansa dan jurnalistik”.

Diklatsar ini merupakan agenda tahunan LPPM Nuansa yang diadakan satu tahun sekali, untuk mengembangkan bakat dan memperdayakan mahasiswa di bidang jurnalistik. Dengan tema diklatsar tahun ini” Bersama Nuansa Merajut Kata Ciptakan Jurnalis Muda” diharapkan keanggotaan Nuansa kedepannya lebih baik, baik dari segi teknis, akademis, dan juga mental. “Semoga dengan adanya diklat ini, tujuan untuk melatih mental dengan kedisiplinan dan keakraban dengan anggota nuansa sebelum bekerja, akan tercapai”, ujarnya. (aviq)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar