Menjadi Pribadi Tangguh Bersama MAPALA UMY

No- Setelah melaksanakan program Open Recruitment selama kurang lebih tiga bulan, Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melangsungkan Pendidikan Dasar (DIKSAR) yang dibuka dengan upacara pembukaan DIKSAR MAPALA XXV yang diikuti oleh kurang lebih 25 panitia dan 42 peserta di Lapangan Bintang UMY, Minggu pagi (20/10)
DIKSAR MAPALA XXV yang mengusung tema “Melatih pemuda dalam mengembangkan potensi diri yang tangguh, jujur, disiplin, bertanggung jawab, serta memiliki jiwa kepemimpinan guna keseimbangan ilmu dan alam” ini dibuka secara resmi oleh Sugito S.IP .,M.A. Kepala Pusat Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dan diikuti dengan penyematan slayer secara simbolis kepada dua perwakilan peserta DIKSAR.  
Muhammad Fauzan, ketua panitia DIKSAR MAPALA XXV mengatakan bahwa setelah melakukan prosesi Open recruitment dan beberapa tahap seleksi yang cukup panjang, akhirnya dari 400 pendaftar tersaring 42 peserta DIKSAR. “Setelah melalui  beberapa tahap seleksi seperti ketahanan fisik, pemberian materi kelas, simulasi dan karantina akhirnya dari 400 pendaftar tersaringlah  42 peserta DIKSAR yang terdiri dari 23 peserta laki-laki dan 19 perempuan“  paparnya saat ditemui di upacara pembukaan  DIKSAR MAPALA.
Rahmanda selaku panitia menjelaskan, bahwa DIKSAR yang akan dilaksanakan di lereng Gunung Lawu selama kurang lebih 9 hari ini merupakan tahap implementasi dari beberapa tahap persiapan berupa materi kelas dan simulasi yang telah diberikan sebelumnya. “sebelum melakukan praktek lapangan atau yang biasanya disebut DIKSAR ini, peserta terlebih dahulu dibekali oleh beberapa materi seperti SAR dan survival. Juga beberapa simulasi  materi seperti SRT (Single Rope Technic), Prusiking, Rapling dan lainnya yang mana merupakan persiapan mereka sebelum terjun langsung ke alam” ungkapnya.
Harapan Nanda, selaku ketua MAPALA UMY kegiatan DIKSAR kali ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman yang sebesar-besarnya kepada para kader-kader baru MAPALA UMY. “semoga kegiatan diksar ini dapat bermanfaat serta memberikan banyak pengetahuan kepada  para peserta pendidikan dasar MAPALA UMY kali ini” tutur Nanda. (thari)

Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar