Pendidikan Karakter di MATAF FAI 2013

NO- Degradasi moral,pendidikan kepribadian berdasarkan nilai-nilai keislaman sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan jaman. Hal inilah yang melandasi Fakultas Agama Islam (FAI) mengambil tema “Transformasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Membentuk Mahasiswa FAI yang Berkarakter”,seperti yang disampaikan oleh Ikhwan selaku Ketua Masa Ta’aruf (MATAF) FAI. Di tahun ajaran 2013-2014 FAI memiliki 720 mahasiswa baru dari 3 prodi ,yaitu : Pendidikan Agama Islam (PAI) , Ekonomi Perbankan Islam (EPI) ,dan Komunikasi Konseling Islam (KKI).
Seperti pada fakultas lain ,FAI juga mewajibkan mahasiswa baru mengenakan atribut yang telah ditentukan oleh panitia, seperti cocard yang berbentuk Tugu Yogyakarta ,tas keranjang sampah,serta topi mahkota tugu. Ditiap jurusan memiliki warna yang berbeda ,EPI merah ,PAI hijau ,dan KKI kuning. Ikhwan menambahkan setiap atribut memiliki filosofis tersendiri ,contohnya cocard berbentuk tugu yang melambangkan ketauhidan. Tiap mahasiswa dikumpulkan menurut kafilah yang telah ditentukan dengan mengambil nama-nama dari tokoh islam di Indonesia.
Mataf FAI 2013 resmi dibuka pada tanggal 2 September 2013 oleh dekan FAI ,Bapak Mahli Zainudin M.Si. Rangkaian acara selanjutnya pengenalan jurusan yang ada di Fakultas Agama Islam yang diisi oleh Kepala Jurusan masing-masing prodi,serta pengenalan lembaga-lembaga organisasi seperti Senat Mahasiswa (SM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) serta Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

Dihari kedua ,sebelum menerima kuliah umum yang di isi oleh bapak Jusuf Kalla terlebih dahulu para Mahasiswa Baru FAI mengadakan diskusi kafilah yang membahas tentang isu-isu yang tengah berkembang. Selanjutnya pengenalan ruangan di FAI serta cara key-in bagi mahasiswa,dan dilanjutkan dengan materi “Motivasi seorang Mahasiswa FAI” dari sini diharapkan tumbuh kesadaran bagaimana idealnya seorang mahasiswa FAI . Memotivasi mahasiswa agar menjadi akademisi yang terampil,intelektual,dan kreatif yang berlandaskan pada nilai-nilai islam. Motivasi ini di isi oleh salah satu dosen FAI yaitu Bapak Drs.H.Marsudi Iman M.Ag  . Dengan menerapkan nilai-nilai islam dalam pendidikan karakter akan membentuk kepribadian yang baik kelak,tambah beliau. (red)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: