Nasib Pemilu Berada di Tangan Pemuda




NO-UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) kembali menyelenggarakan seminar nasional yang bertemakan partisipasi pengawasn pemilu 2014, bersih berkualitas dan bermartabat, bekerja sama dengan BAWASLU (Badan Pengawas Pemilu) dan Ketua DPD (Dewan Perwakilan Daerah) dalam rangka Launching gerakan satu juta relawan pengawas pemilu (pemilihan umum) bagi pemilih pemula, Sabtu pagi (28/9).

Acara ini mendatangakan petingi - petingi penting dalam proses pemilu tahun depan, diantaranya ialah Ketua BAWASLU, Dr. Muhammad, dan Ketua DPD, Irman Gusman. Mereka hadir menjadi pembicara dalam acara serta ini turut ikut memotivasi mahasiswa dan berbagi pengetahuan serta wawasan mengenai pemilu yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Acara ini diselenggarakan guna memotivasi kaum muda khususnya agar turut aktif dan berpatisipasi secara penuh dalam kegiatan pemilu yang akan diselenggarakan tahun 2014. Tak hanya sebagai pemilih, namun mahasiswa UMY sangat dianjurkan untuk turut serta menjadi relawan pengawas pemilu 2014. "Ditangan pemudalah bangsa ini bisa maju, dan bersama merekalah kita dapat meningkatkan kualitas negara kita sebagai negara demokrasi. Partisipasi serta  suara kalian sangatlah penting" Ujar Ketua DPD, Irman Gusman.

Ketua Bawaslu, Dr.Muhammad juga menambahkan bahwa mahasiswa memang menjadi piranti penting dalam hal pemerintahan di Indonesia ini. Dilihat dari pengalaman pada tahun 1998, yang mana terjadinya reformasi yang pelakunya sebagian besar adalah mahasiswa. "Mahasiswa takut dengan dosen, dosen takut dengan rektor, rektor takut dengan mendiknas, mendiknas takut dengan presiden, presiden takut dengan mahasiswa” ungkap Dr. Muhammad dalam orasinya.

Para mahasiswapun mengerti bahwa peran mereka sangatlah penting, apalagi menjadi bagian dari pengawas pemilu. inilah yang diungkapkan oleh salah satu mahasiswa Management Fakultas Ekonomi  UMY "Saya berterima kasih sekali, dengan adanya acara ini di UMY saya lebih mengerti bahwa peran mahasiswa sangatlah penting sebagai bagian dari pemilu 2014 nanti" ujarnya dengan penuh antusias.

Dipenghujung acara Irman Gusman mengungkapkan bahwa partisipasi mahasiswa tidak dapat dianggap sepele, karena dengan ikutnya mahasiswa menjadi relawan dapat meminimalisir kecurangan dalam praktik demokrasi ini "Pemilu tahun kemarin, ribuan mahasiswa menjadi relawan dalam pengawasan pemilu, dan tingkat kecurangan pun menurun"  (Nash)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar