Pelantikan Dekan Fakultas UMY : “Jabatan Itu Amanah”


Perlu kita ingat bahwa setiap jabatan itu amanah, sedangkan amanah tidak dikejar, Akan tetapi amanah itu diberikan oleh orang lain kepada kita. Jika amanah tersebut diberikan orang kepada kita, maka sebaiknya jangan tolak amanah tersebut. Akan tetapi jaga dan pegang amanah itu dengan sebaik mungkin, sehingga keberadaan kita menjadi penyejuk dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.
Begitulah yang diungkapkan Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) UMY, Drs. H. A Rosyad Sholeh, dalam acara pelantikan dan serah terima jabatan dekan serta direktur pascasarjana UMY. Acara tersebut berlangsung di gedung AR. Fachruddin B UMY, Sabtu (1/6).
Rosyad menerangkan, jabatatan itu bisa menjadi nikmat dan bisa juga menjadi laknat. Jika seseorang memegang jabatan sesuai dengan amanah dan menjalankan dengan baik, maka jabatan akan menjadi nikmat baginya. Sedangkan orang yang memegang jabatan dengan nafsu untuk berkuasa dan tidak menjaga amanah itu dengan baik, maka jabatan itu akan menjadi laknat bagi dirinya. “laknat atau nikmat, itu tergantung pada orang yang memegang jabatan itu”, terangnya.
Senada dengan hal itu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta, Dr. Agus Taufiqurrahman mengatakan, amanah kepemimpinan itu merintis suatu yang baik dan melakukan yang terbaik. Dengan demikian, regenerasi kepemimpinan selanjutnya akan menjadi lebih baik lagi. “jadi pemimpin harus bisa menciptakan pemimpin yang lebih baik nantinya, itulah yang disebut keberhasilan amanah kepemimpinan”, katanya.
Sedangkan Rektor UMY, Prof. Dr. Bambang Cipto, M.A memberikan sambutannya, bahwa UMY akan mengalami banjir. Yaitu banjir mahasiswa dan banjir perguruan tinggi asing nantinya yang akan masuk ke Indonesia. Dalam hal banjir mahasiswa baru, tahun ajaran ini UMY akan menerima 4.500 mahasiswa baru, sedangkan tahun yang lalu sekitar 4.800 mahasiswa. untuk banjir perguruan tinggi asing nantinya di Indonesia, UMY akan menjalin kerjasama untuk meningkatkan mutu pendidikan. “jika pendidikan bagus, maka generasi masa depan akan lebih baik”, katanya.
Adapun dekan dan direktur pascasarjana UMY yang dilantik untuk periode 2013- 2017 sebagai berikut. Dr. Achmad Nurmandi sebagai direktur pascasarjana, Ir. Sarjiyah, M.S sebagai dekan fakultas pertanian, dr. H. Ardi Pramono, Sp.An, M.Kes sebagai dekan fakultas kedokteran dan ilmi kesehatan, Ali Muhammad, S.IP, M.A, Ph.D sebagai dekan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, Dr. Trisno Raharjo, SH, M.Hum sebagai dekan fakultas hukum, Dr. Nano Prawoto, M.Si sebagai dekan fakultas ekonomi, Dr. Mahli Zainudin Tago, M.Si sebagai dekan fakultas agama islam, Jazaul Ikhsan, S.T, M.T, Ph.D sebagai dekan fakultas tekhnik, Jati Suryanto, S.Pd, M.A sebagai dekan fakultas bahasa. (syah)
Share on Google Plus

LPPM Nuansa UMY

Silahkan kirimkan tulisanmu berupa berita, opini, atau sastra ke Nuansa Online! Kirim ke nuansaumy@gmail.com! Ayo, aktif menulis!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar